Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Haid

By nova.id, Kamis, 27 Oktober 2016 | 07:00 WIB
Endometriosis Nyeri Haid yang Tak Wajar Lagi (nova.id)

Hari-hari selama haid adalah hari-hari yang terkadang mengganggu aktivitas sehari-hari, karena tak jarang disertai mood yang buruk, perut kram, kembung, dan lain sebagainya.

Hal-hal tersebut disebabkan karena selama masa menstruasi, dinding rahim Anda meluruh. Makan makanan yang sehat selama masa menstruasi dapat membantu meminimalisir keadaan-keadaan mengganggu tersebut.

Namun, hindari juga jenis makanan berikut agar keadaan tak bertambah parah. Apa saja jenisnya? Berikut informasinya seperti yang disarikan dari HelloSehat :

1. Gandum olahan

Gandum olahan tidak lagi mengandung nutrisi-nutrisi sebagaimana pada gandum asli, akibat proses-proses dalam pengolahannya.

Efeknya, kandungan dalam makanan gandum olahan dapat membuat Anda merasa lebih terganggu karena memengaruhi gula darah dan nafsu makan. Hindari jenis produk gandum olahan seperti kue, roti putih, atau makanan yang manis-manis. Lebih baik memilih nasi merah atau gandum utuh.

Baca: Benarkah Minuman Bersoda Bikin Haid Lancar?

2. Makanan atau minuman berkafein

Kafein adalah stimulan yang terdapat di dalam tanaman, seperti teh, kopi, dan biji cokelat. Tak jarang juga terdapat pada makanan dan dapat membuat siklus haid tidak stabil.

Akibatnya, mood swing semakin parah, susah tidur, dan sakit perut selama menstruasi. Untuk menghindari risiko-risiko tersebut, kurangilah mengonsumsi kopi, teh hitam, soft drinks, dan cokelat.

Baca: Wanita Makan Lebih Banyak Menjelang Menstruasi?

3. Makanan berlemak

Menghindari makanan yang mengandung lemak trans juga dapat membantu mengurangi sakit perut selama masa haid. Contohnya, kentang goreng, onion rings, donat, mentega.

Gantilah dengan kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, atau olive oil (minyak zaitun) yang mengandung lemak tak jenuh dan dapat membantu mengurangi radang.

4. Daging dan makanan berbahan dasar susu

Direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan seperti ikan, daging yang tidak berlemak, dan kacang-kacangan sebagai sumber protein untuk mengurangi rasa sakit. Hindarilah makanan-makanan seperti saus keju yang tinggi lemak, es krim, dan daging berlemak.

Baca: Wajib Diikuti Tips Perawatan Masalah Kulit Saat Menstruasi

Cara makan Anda juga berpengaruh

Ketika Anda dalam masa menstruasi, dianjurkan untuk tidak sekali makan sekaligus banyak. Sebaiknya, makan secara teratur beberapa jam sekali tapi dalam porsi yang lebih kecil.

Hal ini dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan Anda, karena selama haid mungkin Anda mengalami hal-hal seperti kram perut atau mual.

Pada saat-saat seperti itu, Anda tidak ingin kelaparan tapi tidak juga kekenyangan, tetapi Anda ingin perut Anda tetap terisi. Mengatur taktik pola makan Anda juga bisa membantu Anda mengatasi kembung selama masa menstruasi.