Sering Dibuat Ribet, Ini Cara Menyikapi ‘Dresscode’ Aturan Berbusana

By nova.id, Minggu, 6 November 2016 | 03:30 WIB
Sering Dibuat Ribet, Ini Cara Menyikapi ‘Dresscode’ Aturan Berbusana (nova.id)

Untuk sebagian masyarakat, mendapatkan aturan berbusana bisa jadi merupakan sebuah kesenangan tersendiri. Jika mengikuti aturan yang diminta atau disarankan, secara otomatis akan menghargai sang pengundang. Bahkan membuat Anda menjadi bagian penting serta tidak menjadi orang terasing saat berada di dalamnya.  

Menyiasati untuk mengikuti aturan berbusana atau dresscode memang tidak susah. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Simak ulasan di bawah ini.

Baca: Tips Memilih Busana Untuk Perempuan Berpanggul Kecil

1.    Bertanyalah sejelas-jelasnya pada pengundang, jenis aturan berbusana atau dresscode yang dimaksud, sekalipun sudah tertera pada undangan. 2.    Tak ada salahnya mencari tahu tempat diselenggarakan acara untuk meyakinkan diri dengan busana yang akan dipakai.

Baca: Kategori Busana Halal di Mata Desainer Muslim Irna Mutiara

3.    Jika memiliki kerabat, teman atau kolega untuk berdiskusi, cobalah diskusikan bersama jenis busana seperti apa yang baiknya Anda kenakan saat menyambangi acara tersebut. 4.    Pilih busana yang tidak menyimpang dari aturan yang diminta, namun tetap membuat diri Anda terasa nyaman dan aman saat menghadiri acara.

Laura Hunt, seorang image, fashion and beauty consultant Freeway Fashion mengatakan, "Hati-hati, sebuah dresscode tak urung bisa menimbulkan salah kaprah. Jika Anda mengenal baik pengundang yang meminta Anda mengenakan sebuah dresscode, Anda akan lebih leluasa bertanya jenis acara yang diselenggarakan seperti apa.”

Baca: Modis! Gaya Akhir Pekan dengan Busana ‘Jaket Kebesaran’

Bertanya soal siapa saja tamu yang akan hadir, lanjut Laura, juga tidak masalah. Hal seperti ini dapat menghindari Anda dari sebutan ‘salah kostum’ bahkan penampilan yang berlebihan. Jika sungkan unruk menghubungi via telepon, cobalah untuk mengirim pesan singkat. Bertanyalah sejelas-jelasnya jenis dresscode yang dimaksud meski sudah tertulis sekalipun pada undangan jika Anda ragu.

 Jadi, jangan sampai Anda tampil dengan kesan berlebihan, namun hindari juga untuk menjadi orang terasing dengan tidak mengikuti aturan berbusana atau dresscode yang disarankan.

Alvin Dwipayana/Dari berbagai sumber Foto: iStock