3 Kiat Ampuh Jauhkan Anak dari Efek Buruk Gadget

By nova.id, Jumat, 11 November 2016 | 02:30 WIB
Keseringan Galau dan Pakai Gadget, Picu Demensia pada Remaja (nova.id)

Kini, gadget sudah merupakan teman yang sangat akrab dalam kehidupan, bukan hanya lekat dengan Anda sebagai seorang wanita dan ibu pekerja, melainkan juga sudah merambah pada kebutuhan si buah hati.

Seperti yang diketahui bahwa sebelumnya penggunaan gadget yang berlebihan tidak baik untuk tumbuh kembang si buah hati.

Lalu, bagaimana cara membatasinya? Silakan ikuti tips di bawah ini.

1. Contohkan

Tanpa disadari, ketika sedang makan malam atau sambil menonton televisi bersama si buah hati, orangtua sering kali dialihkan dengan pesan elektronik yang masuk di ponsel. Perilaku seperti ini menjadi sebuah contoh bagi sang anak.

Baca: Ikuti 9 Aturan Main Gadget Ini Agar Mata Tetap Sehat

Seorang psikolog dan juga ahli dalam pengasuhan anak, Susan Newman, PhD, mengatakan, kalau Anda ingin anak terlepas dari gadget, maka Anda juga harus melakukan hal yang sama.

Newman mengingatkan bahwa sebagai orangtua, Anda dan pasangan merupakan contoh yang akan ditiru oleh sang buah hati. Cobalah memiliki satu momen ketika Anda, pasangan, dan si buah hati berkumpul tanpa gangguan gadget maupun ponsel.

2. Jangan mengambil gadget anak Anda sebagai hukuman

Gadget yang anak Anda miliki adalah sarana untuk bersosialisasi. Kalau Anda menghukumnya dengan cara mengambil gadget, bisa-bisa anak justru menjauhi atau bahkan membenci Anda.

Baca: Anak dan Gadget: Yang Penting Aturan Main

3. Saat makan adalah waktu bebas dari gadget

Budayakan satu saat khusus ketika Anda dan si buah hati terbebas dari teknologi, seperti halnya menikmati lezatnya hidangan makan malam sambil menceritakan hal apa saja yang dilalui hari itu tanpa adanya gangguan dari gadget.

Dengan begitu, Anda dan si buah hati akan memiliki waktu berkualitas bersama dan membiasakan untuk menjauh dari gadget.

Kompas Female