3 Karakteristik Generasi Milenial Saat Traveling

By , Rabu, 19 April 2017 | 06:15 WIB
3 Karakter Generasi Milenial Saat Traveling (Nova)

Generasi Y atau akrab disapa milenial saat ini berada di usia produktif dan memiliki daya beli yang meningkat. Tak heran generasi milenial adalah generasi yang paling aktif menjelajah destinasi wisata saat ini.

Uniknya, sebagai potensi pasar terbesar wisatawan milenial atau millennial traveler ternyata punya karakter khusus saat bertualang.

Mereka bisa saja setia pada sebuah brand, namun dengan mudah beralih. Terutama jika dirasa ada yang lebih menguntungkan. Untuk itu, brand pun harus relevan dengan kebutuhan mereka, terutama dalam penggunaan teknologi digital.

Dalam traveling, hal ini berlangsung mulai saat mereka baru keluar rumah, di perjalanan, check in pesawat, pembelian hotel, dan sebagainya.

Generasi milenial dikenal senang melakukan segala sesuatunya sendiri, mengutamakan efesiensi dan kemudahan, serta kurang sabar.

Dan dalam memilih tempat wisata, berikut hal-hal yang menjadi ciri karakteristik mereka:

1. Destinasi Otentik

Millennial travel sangat mementingkan otentik tidaknya suatu lokasi wisata. “Yang mereka belum tahu, hanya dengar dari teman-teman dan orang-orang sudah heboh," kata Country Director of Agoda International Indonesia, Gede Gunawan dikutip dari Kompas Travel.

2. Nasionalis

Ciri kedua, menurut Gunawan, millennial traveler memiliki jiwa nasionalis yang tinggi.  "Mereka ingin tahu budaya Indonesia dan tempat-tempat lain. Mencari yang unik dari suatu lokasi," katanya.

3. Pengalaman mengeksplor

Terakhir, Gunawan mengatakan, "Generasi milenial mau eksplor lebih dalam, lebih jauh. Sesuatu yang mereka tidak pernah alami. Hotel bukan dipesan sebagai tempat tidur, melainkan tempat memulai perjalanan mereka.”