Ibu, Ini Pentingnya Asupan Zat Besi Dalam MPASI Bagi Bayi Anda

By , Jumat, 2 Desember 2016 | 03:00 WIB
Ibu, Ini Pentingnya Asupan Zat Besi Dalam MPASI Bagi Bayi Anda (Nova)

Dalam setiap perkembangan si buah hati tercinta, ada berbagai fase penting yang sudah selayaknya tidak boleh diabaikan oleh orangtua, khususnya para ibu, bahkan sejak anak masih di dalam kandungan.

Sebagai contoh, bagaimana banyak ibu yang berjuang memberikan ASI ekslusif pada si Mungil di usia 0-6 bulan, yang mana sangat baik untuk daya tahan tubuh bayi. Melalui pemberian ASI ekslusif yang komposisinya sangat sempurna sesuai kondisi tubuh bayi, diharapkan si Kecil akan terhindar dari penyakit.

Beranjak ke pertambahan usia 6 bulan ke atas, bayi sangat dianjurkan untuk mulai mengenal asupan MPASI atau Makanan Pendamping ASI yang diperlukan bayi untuk mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang demi menyempurnakan fungsi otak, tulang serta bagian tubuh lainnya.

Adapun berbagai manfaat MPASI ialah menyiapkan saluran pencernaan bayi, kemudian menyiapkan oromotorik atau alat gerak mulut serta kebutuhan gizi lainnya demi kesehatan tubuh bayi.

Namun, penting diingat para ibu, memberikan MPASI juga tidak boleh sembarangan. Mengapa? Sebab, pemberian MPASI yang tidak memenuhi sarat gizi dan nutrisi akan berdampak buruk pada tumbuh kembang bayi yang tidak optimal.

Fenomena yang seringkali ditemukan ialah pemberian MPASI oleh para ibu yang hanya sekedar dianggap mengenyangkan bayi dan tidak membuatnya menangis karena kelaparan. Padahal, kebiasaan ini amatlah keliru.

MPASI yang tepat ialah harus kaya kandungan energi, protein, kalsium, vitamin A dan C, folat, serta mikronutrient, yaitu terutama zat besi. Seperti bubur bayi Cerelac yang kaya akan kandungan zat besi.

Mengapa kandungan zat besi sangat penting dalam MPASI bagi bayi? Fungsi utama zat besi pada bayi dan anak diantaranya ialah berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf anak, terutama ketika buah hati menginjak periode emasnya di usia 0 hingga 2 tahun.

Dengan kata lain, zat besi sangat membantu perkembangan kognitif bayi sebagai elemen penting dalam tumbuh kembang anak serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Tak cukup sampai di situ, manfaat MPASI yang kaya akan kandungan gizi seperti bubur bayi Cerelac di kemudian hari ialah mencegah anak dari penyakit anemia, gangguan mental, kelainan jantung serta fungsi otak.

Siapa bilang memilih MPASI yang kaya kandungan gizi dan zat besi itu sulit? Ada beragam jenis MPASI yang tersedia saat ini. ada pula sebagian ibu yang lebih memilih mencoba membuat MPASI untuk buah hatinya sendiri. Tidak ada yang salah dengan pilihan tersebut. Namun penting diperhatikan bahwa semangkuk bubur bayi yang sudah Anda siapkan dengan penuh cinta tersebut belum tentu mencukupi kebutuhan zat besi untuk balita Anda.

Anda tetap bisa memilih MPASI bubur bayi yang terbaik dengan gizi terlengkap untuk si buah hati tanpa mengindahkan komposisi kandungannya yang terdiri dari bahan-bahan natural, seperti halnya Cerelac.

Cerelac menjadi pilihan terbaik bagi para ibu yang khawatir buah hatinya tidak terpenuhi kebutuhan gizinya tanpa perlu merasa kerepotan di sela-sela rutinitas harian sebagai ibu pekerja maupun ibu rumah tangga.

Tidak hanya alasan ekonomisnya saja, Cerelac juga merupakan MPASI kaya zat besi yang lebih praktis disajikan untuk balita Anda setiap harinya.

Kreasi MPASI kaya zat besi dengan kombinasi bubur bayi Cerelac serta bahan makanan pelengkap lainnya Para ibu umumnya sering merasa bingung dengan kebiasaan balita yang mudah merasa bosan dengan hidangan MPASI. Penyebab utamanya adalah soal pilihan rasa yang itu-itu saja, sehingga kemauan balita untuk melahap habis bubur bayinya acapkali tidak sesuai dengan keinginan.

Nah, Cerelac sekali lagi menawarkan varian pilihan rasa yang dijamin membuat si balita tidak akan merasa bosan. Sebut saja ada Nestle Cerelac bubur susu beras merah, Nestle Cerelac ayam bawang, Nestle Cerelac kacang hijau, Nestle Cerelac beras merah, Nestle Cerelac bubur susu tim ayam sayur, dan Nestle Cerelac bubur susu beras merah serta Nestle Cerelac bubur susu beras putih.

Kemudian pilihan rasa lainnya dari buah-buahan, Cerelac menyediakan Nestle Cerelac apel jeruk pisang, Nestle Cerelac bubur susu serealia oat & prunes dan Nestle Cerelac bubur susu pisang yang tentunya sangat nikmat.

Jangan ragu untuk berkreasi dengan bahan pelengkap makanan yang tersedia di dapur dan kulkas Anda sendiri bersama bubur bayi Cerelac.Misalnya seperti daging sapi, daging ayam, sayur bayam, tomat, jambu dan kiwi. Bahan pelengkap yang sudah disebutkan tadi mampu membantu penyerapan zat besi sekaligus membuat MPASI buatan Anda untuk bayi tercinta semakin enak untuk dikonsumsi.

Jadi, jangan sampai melupakan pentingnya MPASI kaya zat besi bagi bayi Anda, ya!