Nabung 2 Juta Per Bulan, Nenek Ini Baru Bisa Traveling Keliling Dunia di Usia 83 Tahun

By nova.id, Minggu, 23 April 2017 | 03:15 WIB
Tak ada kata terlalu 'tua' untuk menyalurkan keinginan traveling melihat dunia. Seorang nenek asal Rusia, Yelena Yerkhova (89) baru mulai jalan-jalan sekitar enam tahun lalu. (nova.id)

Tak ada kata "terlalu tua" untuk traveling. Seorang nenek asal Rusia, Yelena Yerkhova (89), membuktikan untuk melihat dunia tak pernah ada kata terlambat.

Bayangkan saja, jika generasi milenial sekarang sangat menyukai menjelajah berbagai tempat baru di usia muda, nenek Yelena ini justru baru mulai jalan-jalan sekitar 6 tahun lalu. Kini, ia sudah menyambangi berbagai negara, termasuk Israel dan Vietnam. 

Mengutip Lonely Planet, Yelena berasal dari Krasnoyarsk (Siberia). Grandma Lena, begitu dia biasa dipanggil, mulai traveling saat usianya beranjak 83 tahun. Sebagai mantan pekerja saat Perang Dunia II, Grandma Lena tidak bisa beranjak dari kediamannya.

Hingga akhirnya dia pensiun dan menabung 155 dollar AS (Rp 2 juta) per bulan sebagai modal traveling. Dia juga berjualan bunga, dan sering menerima order jahitan.

Saat ini, Grandma Lena sudah menyambangi banyak negara. Ceko adalah salah satu negara favoritnya. Sang nenek juga sudah menyambangi Jerman, Israel, hingga Vietnam. Dia berharap bisa menghabiskan hari ulang tahunnya yang ke-90 di Italia atau Republik Dominika. 

Di Vietnam, Grandma Lena bersantai dan berwisata kuliner. Saat berkunjung ke Israel, ia berwisata naik unta. Ke mana pun Grandma Lena pergi, ia pasti bertemu orang baru yang senantiasa menolong sepanjang perjalanan.

Grandma Lena kini punya akun Facebook dan Instagram, yang dipegang oleh cucunya. Semangat Grandma Lena menginspirasi banyak wisatawan lainnya. Operator tur berlomba-lomba menawarkannya trip murah. Bahkan salah satu bank di Rusia, yakni Sberbank, menjanjikannya perjalanan ke mana pun di seluruh dunia.

Perjalanan Grandma Lena bisa diikuti di akun Instagram-nya, yakni @babushka1927. Akun tersebut kini memiliki 2.600 followers, dan semakin lama semakin bertambah.

Kompas Travel