Luar Biasa! Rajin Makan Jeruk Mampu Turunkan Risiko 8 Penyakit Ini

By nova.id, Jumat, 16 Desember 2016 | 10:30 WIB
5 Fungsi Kulit Jeruk Untuk Bersihkan Peralatan Rumah Tangga (nova.id)

Meski menyegarkan dan kaya khasiat, tidak semua orang menyukai buah jeruk karena rasanya yang asam dan alasan enggan direpotkan dengan mengupas kulit jeruk sebelum dimakan. Padahal jeruk memiliki kandungan vitamin C yang banyak manfaat untuk tubuh.

Di negara Korea sendiri hampir semua penduduknya gemar mengonsumsi buah tersebut karena memang jeruk juga bagus untuk kesehatan kulit. 

Kandungan jeruk sendiri merupakan sumber serat yang sangat baik dan dapat menurunkan kolesterol, sehingga banyak sekali manfaat jeruk untum kesehatan tubuh kita. Nah, Sahabat NOVA sudahkah Anda tahu beberapa khasiat buah jeruk yang mampu membantu melawan beberapa jenis penyakit seperti yang dilansir dari Boldsky berikut ini?

1. Melawan Kanker

Jeruk mengandung limonoid yang membantu dalam pertempuran melawan kanker yang mempengaruhi kulit, paru-paru, payudara, perut dan usus besar. 

2. Membantu Mencegah Penyakit Ginjal

Konsumsi secara teratur jus jeruk, karena membantu mencegah penyakit ginjal dan juga mengurangi risiko batu ginjal

Baca: 5 Fungsi Kulit Jeruk Untuk Bersihkan Peralatan Rumah Tangga

3. Menurunkan Kolesterol

Jeruk kaya akan serat, yang membantu dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh.

4. Kesehatan Jantung

Jeruk mengandung kalium, yang membantu fungsi jantung dengan baik. Ketika tingkat potassium menjadi rendah, ada kemungkinan untuk mengembangkan irama jantung yang abnormal, yang dikenal sebagai aritmia.

Baca: Manfaat Jeruk Nipis, Getah Pepaya, Dan Lainnya

5. Menurunkan Risiko Penyakit

Jeruk mengandung Vitamin C yang melindungi sel-sel dengan menetralisir radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. 

6. Meredakan Sembelit

Satu buah jeruk mengandung serat makanan yang merangsang pencernaan dan mengurangi seseorang dari sembelit.

Baca: Agar Tak Sakit Perut, Hindari Makan 6 Buah Ini Saat Sarapan

7. Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Jeruk mengandung hesperidin flavonoid yang mengatur tekanan darah tinggi. Hal ini juga mengandung magnesium yang dapat menjaga tekanan darah Anda. 

8. Melindungi Kulit

Jeruk mengandung beta-karoten, yang merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Itulah beberapa manfaat buah jeruk untuk kesehatan Anda. Jadi, pastikan Anda selalu mengonsumsi jeruk setiap saat. 

Yuni Arta Sinambela/Tabloid NOVA