Trik Agar Karier Makin Bersinar dan Gaji Naik Tahun Depan

By nova.id, Sabtu, 31 Desember 2016 | 08:30 WIB
Tips Mengatur Keuangan Bagi Karyawan Bergaji Minim (nova.id)

Tahun baru selalu membawa harapan baru. Momen akhir tahun pas untuk merencanakan perjalanan karier Anda selanjutnya. Dan 4 hal ini akan memandu Anda. 

Baca Tren 

Buka mata dan telinga lebar-lebar untuk mengetahui perkembangan dunia. Perbanyak 'piknik' agar wawasan semakin luas.

Cari tahu perubahan apa yang tengah berlangsung, baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial serta teknologi karena semua aspek tersebut memiliki keterkaitan dalam melahirkan tren dan kebijakan, termasuk di dunia usaha.

Bagaimana kira-kira dampaknya terhadap perusahaan tempat Anda bekerja? Apa pengaruhnya bagi perkembangan karier Anda sendiri?

Lo, kok, kedengarannya serius amat? He he he santai saja. Informasi semacam itu bisa dengan mudah kita dapatkan dari diskusi santai sambil ngopi bareng teman atau senior, mendengarkan talk show di radio atau televisi, membaca buku atau koran.

Kita juga bisa hadir ke seminar-seminar populer yang kini banyak digelar di tempat-tempat kasual seperti mal atau event-event seperti yang sering selenggarakan oleh NOVA.

Asalkan kita mau terbuka untuk menyerap pengetahuan baru dan terbiasa membaca situasi, kita akan peka membaca trend dan melihat peluang yang tersedia dan bersiap diri menjemputnya. 

Review Performa

Lakukan evaluasi terhadap performa pribadi. Apa yang menjadi keunggulan, kelemahan dan pencapaian apa saja yang patut dicatat sehingga Anda bisa menggunakan resep yang sama untuk menciptakan keberhasilan baru atau mencari alternatif cara untuk memperbaiki hal-hal yang dirasa belum sesuai harapan.

Jangan lupa untuk mengidentifikasi hal-hal yang berpotensi menghambat perkembangan karier sehingga Anda bisa memasukkannya dalam daftar rencana pengembangan diri atau mencari cara untuk mengatasinya.

Rancang Peta