5 Aplikasi Ponsel untuk Memantau Diabetes dengan Mudah

By nova.id, Jumat, 13 Januari 2017 | 06:00 WIB
4 Gangguan Saraf ‘Akut’ yang Terjadi Karena Gadget (nova.id)

Keberadaan ponsel pintar alias smartphone di era sekarang ini memang membuat orang-orang menjadi lebih mudah untuk selalu up-to-date mengenai informasi dan fenomena apa pun, mulai dari gaya hidup, komunikasi, hingga munculnya tren baru.

Tak hanya itu, ponsel pintar juga menawarkan berbagai aplikasi yang bersifat edukatif, contohnya berbagai aplikasi kesehatan yang memiliki fokus pada penurunan berat badan, yang dapat memberi informasi kalori yang terdapat pada makanan yang kita makan.

Tak hanya aplikasi penurun berat badan yang memberi kemudahan pada orang yang sedang melakukan diet, kini para penderita diabetes juga dapat membantu mengontrol gula darah melalui aplikasi yang ditawarkan ponsel pintar.

Baca: 7 Aplikasi untuk Diet

Salah satu penderita diabetes yang dikutip oleh Everyday Health mengakui bahwa menggunakan aplikasi lebih membuatnya lebih nyaman dibandingkan mengontrol perkembangan diabetesnya di komputer.

Jika Anda menggukan insulin sebagai alat ukur untuk mengelola diabetes Anda, aplikasi diabetes di ponsel pintar memang bisa dipertimbangkan sebab akan memudahkan Anda untuk merekam hasil tes gula darah dan nilai insulin.

Bahkan Anda dapat memantau jumlah karbohidrat dan kalori yang telah Anda konsumsi. Tentunya kelebihan lainnya adalah Anda dapat membawa ponsel pintar ke mana-mana, termasuk ketika Anda makan di luar, sehingga Anda tetap bisa memantau perkembangan gula darah.

Terdapat bukti ilmiah bahwa ponsel pintar Anda dapat membantu dalam perubahan kesehatan penggunanya. Aplikasi tersebut mampu mendorong pada perubahan gaya hidup, diet sehat, dan memotivasi untuk berolahraga.

Berikut rekomendasi aplikasi smartphone untuk penderita diabetes seperti yang dilansir dari HelloSehat:

1. BG Monitor Diabetes

Pengguna Android bisa mengunduhnya. Aplikasi asal San Fransisco ini menawarkan fitur perhitungan insulin bolus, tingkat gula darah, olahraga, notes, dan tags. Anda juga bisa melihat grafik dan statistik, serta nutrisi yang terkadung dalam makanan agar tetap menjaga nutrisi yang Anda butuhkan.

Anda juga bisa mengirimkan laporan lewat email spreadsheet kepada dokter atau keluarga Anda. Keunggulan lainnya, Anda bisa mengambil foto makanan yang Anda makan sebagai pengingat apa saja yang telah dikonsumsi.

Baca: 7 Jenis Komplikasi yang Disebabkan Diabetes

2. Blue Loop

Aplikasi ini direkomendasikan untuk anak-anak dan orang dewasa yang menderita diabetes. BlueLoop menawarkan fitur share dan update yang terkoneksi pada semua orang, sehingga orangtua bisa memantau dari jauh tentang apa saja yang  anaknya makan, dan level gula darahnya.

3. Diabetes in Check

Aplikasi ini khusus untuk pengguna iPhone. Fitur yang ditawarkan berupa jurnal, resep makanan dan paduan makan, serta daftar rencana camilan. Anda juga bisa memantau pengobatan yang dilakukan. Anda dapat melakukan scan barcodes pada makanan kemasan untuk mengetahui informasi nutrisi yang ada.

Baca: Mengapa Diabetes Sebabkan Komplikasi pada Ginjal?

4. Glucose Buddy

Aplikasi ini mendapat peringkat 1 Diabetes iPhone Application oleh Manny Hernandez, pendiri TuDiabetes.org. Sama seperti aplikasi lainnya, Anda bisa memantau makanan, dosis insulin, dan perhitungan gula darah.

Kelebihannya adalah Anda bisa terkoneksi dengan pengguna lain melalui forumnya. Komentar pengguna pun sangat positif, beberapa mengakui bahwa aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan.

5. Diabetic Connect

Terdapat beberapa fitur yang ditawarkan – rata-rata hampir sama dengan aplikasi lainnya, namun hal yang tidak Anda perlukan dapat dimatikan. Anda juga bisa terkoneksi dengan pengguna diabetes lain dan bergabung dengan diskusi yang memiliki masalah yang serupa.

Data Anda juga bisa tehubung ke beberapa perangkat, dan Anda bisa langsung mengakses web portalnya. Aplikasi ini cocok untuk penderita diabetes tipe 1 dan 2.