Wajib Tahu, Tanda-tanda dan Penyebab Vagina Tak Rapat Lagi

By nova.id, Rabu, 18 Januari 2017 | 05:45 WIB
Jangan Pernah Bersihkan Vagina dengan 3 Produk Ini! (nova.id)

Salah satu kecemasan yang dirasakan wanita tapi enggan untuk diungkapkan adalah masalah vagina yang tak lagi serapat atau sekencang seiring dengan perubahan usia.

Organ intim yang satu ini tentu sangat memengaruhi kehidupan seksual seorang wanita dan pasangannya. Pasalnya, vagina yang sudah tak kencang bisa membuat para wanita kehilangan kepercayaan diri serta kepuasan seksual saat berhubungan seks.

Selain itu, otot vagina yang mengendur juga bisa berdampak pada kesehatan. Namun jangan khawatir dulu, Anda masih bisa melakukan beragam senam untuk mengencangkan vagina yang terasa kendur. 

Lantas adakah tanda-tanda vagina sudah tidak rapat atau sekencang dulu lagi?

Inkontinensia urin

Kondisi inkontinensia urin terjadi ketika wanita sering mengompol secara tiba-tiba atau sulit menahan desakan untuk buang air kecil. Salah satu pemicu kondisi ini adalah otot kandung kemih yang biasanya bertanggung jawab untuk mengendalikan laju urin melemah.

Akibatnya, otot tersebut kesulitan berkontraksi ketika harus menahan keluarnya urin.

Baca: Merawat Bulu Sekitar Vagina, Ini Alasan Trimming Lebih Baik dari Waxing

Sulit mendapat kepuasan seksual

Kalau vagina Anda mengendur, Anda dan pasangan mungkin akan sulit mencapai klimaks atau mendapat kepuasan saat berhubungan seks.

Jika posisi atau aktivitas seksual yang biasa Anda lakukan bersama pasangan bisa membawa Anda menuju puncak kenikmatan sudah tidak mempan lagi, mungkin penyebabnya adalah vagina yang tak kencang.

Baca; Bahaya! Meniup Vagina Saat Berhubungan Seks Sangat Fatal Akibatnya

Vagina mudah dimasukkan dengan jari atau objek tertentu

Salah satu cara yang paling mudah untuk melihat apakah vagina sudah tidak rapat lagi adalah dengan memasukkan jari-jari. Jika dua atau tiga jari bisa dengan mudah masuk tanpa rasa sakit atau sensasi tertentu, ini berarti otot-otot di daerah kewanitaan Anda sudah tidak bekerja sebaik dulu lagi.

Baca: Sudah Tahu 6 Fakta Menyenangkan Organ Vagina?

Apa penyebab otot vagina tak lagi kencang?

Meskipun jarang dibicarakan secara terbuka, otot vagina yang melemas adalah sebuah kondisi yang umum dialami wanita. Salah satu penyebabnya adalah proses penuaan alami.

Seiring bertambahnya usia, kadar hormon estrogen akan menurun sehingga otot panggul bawah pun jadi melemah. Selain itu, bibir vagina juga akan kehilangan kelenturannya sehingga vagina jadi terasa lebih longgar.

Jika Anda masih muda tapi sudah mengalami masalah ini, tak perlu khawatir. Organ intim Anda juga bisa merenggang karena proses persalinan normal. Biasanya wanita yang baru saja melahirkan akan mengalami masalah ini.

sumber: HelloSehat