Alasan Mengapa Wajah Ibu Hamil Tampak Lebih Cerah dan Bersinar

By , Senin, 30 Januari 2017 | 09:45 WIB
Ini Alasan Mengapa Wajah Ibu Hamil Tampak Lebih Cerah dan Bersinar (Nova)

Saat hamil, kulit wajah pada beberapa perempuan seringkali terlihat lebih bersinar, cantik, dan berseri-seri. Padahal sebelumnya hal itu sama sekali tidak terjadi. Apa penyebabnya?

Beberapa ahli mengatakan ada alasan ilmiah dibalik perubahan menyenangkan tersebut. Mulai dari meningkatnya volume darah dalam tubuh hingga adanya peran hormon sehingga membuat wajah ibu hamil tampak lebih bersinar atau glowing.

Baca: Mintalah Bantuan Suami, 5 Pekerjaan Rumah Ini Sebaiknya Dihindari Saat Hamil

Dalam proses kehamilan, perubahan pada hormon merupakan hal yang wajar. Biasanya, ibu hamil yang wajahnya lebih glowing tersebut disebabkan hormon endorfin yang bisa membuat seseorang merasa bahagia.

"Yang bikin ibu hamil itu tampak glowing adalah hormon. Ada juga yang bikin muka jadi cerah. Hormon endorfin bekerja saat orang merasa bahagia. Makanya kalau ada orang menikah dibilang bridge glow, itu karena hormon endorfinnya lagi naik," papar Dr. Rachel saat ditemui di Amara Skin & Aesthetic Center, RSU Bunda Jakarta, Senin (30/1/2017).

BACA: Khasiat 5 Minyak Esensial untuk Ibu Hamil

Meskipun hormon ini bisa menghilang ketika seorang ibu merasa mual-mual saat hamil. Namun, endorfin akan kembali diproduksi ketika ibu hamil merasa bahagia atas kehamilannya.

"Karena itu ibu hamil disarankan selalu bahagia karena baik untuk kesehatan kulit wajah dan janinnya juga," tambah dr. Rachel yang juga menyatakan faktor psikologis ibu hamil pun turut andil dalam membuat penampilannya tampak kian segar.

"Hal ini karena perasaan senang selama kehamilan, adanya sugesti ingin tampil cantik, lebih ke psikologis. Bukan karena pengaruh janin yang dikandung anaknya perempuan jadi ingin dandan, lalu kalau anaknya cowok jadi malas dandan."