5 Cara Gampang Cegah Selulit, Mau Tahu?

By nova.id, Rabu, 1 Februari 2017 | 08:00 WIB
Mengapa Hampir 85 persen Perempuan Memiliki Selulit di Tubuhnya? (nova.id)

Penyebab munculnya garis-garis halus di paha atau yang biasa disebut selulit ternyata adalah faktor genetika. Meski dipengaruhi oleh gaya hidup, namun faktor yang paling mempengaruhi adalah keturunan.

"Selulit  yang disebabkan gaya hidup hanya sekian persen, selebihnya keturunan," kata dr. Reisa Broto Asmoro kepada nova.id.

Selain itu, hormon esterogen, kelebihan berat badan, juga menjadi penyebab munculnya  selulit .

Ada beberapa cara untuk mengurangi dan mencegah selulit, berikut penjelasannya:

1. Pola Makan Teratur

Pola makan yang teratur dan jumlah makanan yang terukur akan mengendalikan berat badan. Berat badan yang terkontrol bisa cegah selulit.

2. Olahraga

Melalui olahraga, sirkulasi darah akan menjadi lancar, sehingga bisa cegah selulit. Olahraga yang baik adalah gabungan dari model olahraga yang bersifat aerobik dan angkat beban. Olahrag memang dianjurkan, namun harus juga memperhatikan batas kemampuan tubuh.

3. Minum Air Putih

Untuk memperoleh kulit yang cantik dan bebas dari selulit, sangat dianjurkan mengonsumsi air putih paling tidak 2 liter dalam sehari. Diketahui air dapar melembabkam kulit dan membung toksin dalam tubuh kita. Tak hanya kulit, air putih juga sangat baik untuk organ tubuh lainnya.

4. Konsumsi Lemak Baik

Lemak baik banyak terkandung dalam makanan yang mengandung omega 3 dan 69. Biasanya omega 3 dan 69 terkadung dalam makanan laut dalam. Contohnya ikan tuna. Konsumsi makanan yang mengandung omega 3 akan bermnafaat untuk cegah selulit.