Mengapa Kulit Berminyak Lebih Mudah Berjerawat? Ini Kata Dokter

By , Kamis, 2 Februari 2017 | 07:00 WIB
Cara Menghilangkan Jerawat Dalam Waktu 12 Jam Saja (Nova)

Memiliki kulit berminyak tentu harus melakukan perawatan ekstra untuk menjaganya. Sebab banyaknya kadar minyak pada wajah rentan menimbulkan sejumlah masalah.

Contoh kecilnya, debu dan kotoran yang mudah menempel pada wajah sehingga menimbulkan jerawat.  Selain itu, komedo lebih mudah timbul dari penggunaan make up dan kotoran yang tak dibersihkan sempurna pada wajah.

Baca: Ini Dia Produk Kecantikan yang Tidak Disarankan untuk Kulit Berminyak

Namun, kulit berminyak bukan menjadi momok yang menakutkan. Karena masalah ini masih bisa diatasi jika dirawat dengan baik dan benar.

"Jenis kulit berminyak kalau perawatannya kurang bagus, otomatis debu lebih gampang nempel. Minyak yang menumpuk bisa juga menutup pori-pori atau membuat jembatan dipori-pori. Akhirnya menjadi peradangan dan berubah menjadi jerawat," kata Dr Fitria Amalia Umar Sp.KK, M.Kes. saat berbincang dengan NOVA.

Baca: Perhatikan Ini Jika Kulit Wajah Berminyak!

Tapi, pemilik kulit berminyak tak perlu khawatir. Masalah ini bisa diatasi dengan mudah jika tahu perawatan yang tepat setiap harinya.

"Misalnya, saat mencuci wajah setiap hari itu diperhatikan. Mulai dari jenis sabunnya, frekuensinya berapa kali," papar dr. Fitria.

Biasanya, mencuci wajah cukup dilakukan dua kali setiap hari, yakni pada pagi hari di saat mandi, dan malam hari sebelum tidur.