5 Cara Melindungi Bayi yang Baru Lahir Agar Tak Tertular Penyakit

By nova.id, Kamis, 27 April 2017 | 03:30 WIB
Daniella, sang bayi sehat dan kuat yang tak sabar bertemu orangtua terkasihnya. (nova.id)

Tidak jarang ketika baru lahir, bayi Anda akan dikunjungi banyak orang. Untuk mencegah bayi Anda tertular penyakti dari orang lain karena masih lemahnya sistem imun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan.

1. Jaga jarak dengan mereka yang sakit

Mintalah mereka untuk menjaga jarak dengan bayi Anda terlebih jika ada penyakit yang bisa menular. Jangan lupa, flu yang terasa tidak berbahaya bagi orang dewasa dapat berakibat sebaliknya pada bayi baru lahir.

Mintalah juga untuk jangan mencium bayi Anda. Virus seperti herpes dapat ditularkan melalui air liur dan selaput pada mulut. Orang yang menderita herpes belum tentu mengetahui dirinya terkena herpes.

Flu juga dapat ditularkan melalui air liur, sehingga ada baiknya Anda mengambil tindakan pencegahan. Jika kerabat Anda ingin menggendong bayi Anda, mintalah mereka untuk mengenakan baju pelindung khusus yang biasa disediakan oleh rumah sakit, dan jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

Baca: 6 Gejala Fisik Tak Biasa pada Bayi Baru Lahir

2. Penuhi kebutuhan gizi

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan bayi adalah dengan memenuhi kecukupan gizinya. Terutama saat berusia 6 bulan, karena pada usia ini bayi sudah bisa diberi makanan padat. Penuhi kebutuhan gizinya dengan memberi makan yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Jenis zat gizi tersebut dapat melindungi sel-sel yang bekerja dalam membangun sistem imun. Hindari beberapa makanan yang dapat menyebabkan sistem imun tidak berkembang dengan sempurna seperti misalnya makanan tinggi gula dan lemak. Kurangi pemberian jus buah atau makanan kemasan lain yang biasa tinggi gula pada bayi Anda.

Baca: Anak Muntah Setelah Terjatuh, Ini Pertolongan Pertama Saat Gegar Otak

3. Tidur cukup

Beberapa penelitian mengungkapkan anak yang tidak cukup tidur ternyata merespon vaksin flu tidak seperti yang diharapkan. Sistem imun tubuh kita ternyata juga tidak dapat berfungsi dengan baik terutama jika kita kurang tidur.