Selain Sikat Gigi, Biasakan Bersihkan Mulut Anak Balita dengan Kain Kasa Sebelum Tidur

By , Rabu, 26 April 2017 | 12:30 WIB
Anak di Bawah Dua Tahun Tak Perlu Sikat Gigi dengan Pasta Gigi (Nova)

Pada anak yang gigi susunya sudah lengkap, seringkali kita menemukan giginya menghitam di bagian tertentu. Kondisi ini disebut karies dan biasanya terjadi di bagian gigi depan.

Penyebabnya terutama karena kebiasaan minum susu sambil tiduran. Cara ini dinilai salah oleh dokter gigi, sebab bisa menyebabkan gigi kita menjadi rusak, karies atau menghitam.

Baca: Anak di Bawah Dua Tahun Tak Perlu Sikat Gigi dengan Pasta Gigi

Karies itu timbul dari plak sisa makanan yang mengendap pada lapisan gigi. Plak terbentuk hanya 10-15 menit setelah makan. Plak ini kemudian berinteraksi dengan bakteri yang banyak terdapat dalam mulut, seperti Streptococcus.

Yang terjadi kemudian, plak akan menipiskan lapisan email pada gigi lalu tumpukan plak tadi akhirnya merusak email yang melubangi gigi.

Baca: Minum Susu Sambil Tiduran Membuat Gigi Anak Menghitam, Ini Solusinya

Hal lain yang menyebabkan gigi karies adalah ketika anak lama menyimpan makanan di dalam mulut alias anak senang 'mengemut' makanan. Nah, sikap anak ini justru membuat giginya menjadi mudah rusak.

"Anak dalam setengah jam paling enggak sudah harus selesai makan, karena kalau lama biasanya anak ngemut, nah kebiasaan ini bisa bikin gigi rusak," papar Drg. Imelda Sari dari Rumah Sakit Husada Jakarta saat ditemui.

Baca: Kenapa Banyak Orang Lebih Suka Rasa Asin Gurih pada Makanan? Ini Alasan Ilmiahnya

Kerusakan gigi pada anak memang sering terjadi di usia dini. Namun, hal ini bisa dihindari asalkan orangtua mengajarkan anak betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi.

Dan, cara yang termudah untuk mengindari karies adalah membiasakan anak menyikat giginya sebelum tidur. "Sikat gigi harus dibiasakan sebelum tidur. Jangan biarkan anak 'ngemut' saat makan. Kalau sikat gigi dirasa belum bersih, pakai kain kassa untuk menyempurnakan," paparnya.