Ciri Sepatu Olahraga yang Paling Baik untuk Semua Jenis Olahraga

By Ade Ryani HMK, Kamis, 15 Juni 2017 | 08:30 WIB
Sering Gonta-Ganti Olahraga, Ini Jenis Sepatu Wajib Punya yang Nyaman Digunakan (Ade Ryani HMK)

Tak bisa dipungkiri, olahraga menjadi kegiatan yang wajib dilakukan setiap orang untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuhnya.

Dalam melakukannya tentu saja perlu memilih dan menggunakan perlengkapan yang tepat agar olahraga terasa nyaman dan maksimal. Misalnya, baju dan sepatu khusus olahraga serta peralatan pelindung untuk bagian siku tangan dan lutut kaki.

Dengan memilih dan menggunakan perlengkapan tadi, kita akan terhindar dari risiko cedera yang bisa terjadi saat melakukan gerakan-gerakan tertentu.

Namun, di pasaran kini semakin banyak jenis sepatu yang diperuntukkan bagi setiap jenis olahraga. Agar tidak sekedar ikut tren dan salah membeli, sebenarnya sepatu seperti apa, sih, yang pas untuk berolahraga? Terutama bagi mereka yang sering melakukan banyak jenis olahraga.

Baca: Selain Berat Badan Turun, Ini 5 Tanda Olahraga yang Efektif

"Kalau ingin melakukan berbagai jenis olahraga, misalnya selain lari, ada latihan beban, tenis, senam, bersepeda, paling tidak kita punya sepatu lari. Karena sepatu lari sudah cukup lengkap fungsinya untuk meredam gaya, benturan, dan tingkat kelenturannya bagus," kata Dr. Rachmat Wisnu Hidayat, SpKO dari Rumah Sakit Jakarta.

Baca: Tips Model Pakaian Olahraga yang Nyaman Untuk Lari, Yoga & Bersepeda

Menurut dr. Wishnu, untuk mereka yang punya budget terbatas, sepatu lari saja sebenarnya sudah cukup mengakomodir kebutuhan saat olahraga. Terutama karena adanya fungsi bantalan dan proteksi saat ada benturan.

Namun, jika ada budget lebih tentu tak ada salahnya membeli sepatu olahraga sesuai jenis olahraganya.

"Sepatu olahraga kalau kualitasnya bagus pasti memenuhi proteksi dan harganya memang agak mahal. Misalnya, untuk basket pasti bagian belakang sepatu lebih tinggi. Dan perhatikan juga bantalan pada sepatu serta proteksi di pergelangan kaki. Tujuannya, agar melindungi kaki dari cedera saat ada gerakan melompat atau pindah posisi dan gerakan secara cepat."