Aturan Pakai Pelembap yang Benar Saat di Dalam Maupun Luar Ruangan

By nova.id, Selasa, 14 Februari 2017 | 03:30 WIB
#29CaraCantik: Pakai Pelembap Setiap Hari Untuk Kulit Sehat ‘Kenyal’ Seperti Bayi (nova.id)

Perempuan seringkali menyepelekan penggunaan pelembap. Alasannya, karena mereka jarang bekerja di luar kantor sehingga tidak akan terpapar sinar matahari.

Padahal, apapun dan dimanapun aktivitasnya, pelembap  sangat dibutuhkan kulit.

Hal ini dijabarkan langsung oleh dr. Sari Chaerunnisa, Sp.KK. Menurutnya pelembap adalah komponen utama bagi kesehatan kulit wajah yang tidak boleh absen digunakan perempuan.

Baca: Beda Body Serum dan Pelembab Biasa

Saking pentingnya fungsi pelembap bagi wajah, dr. Sari menyarankan untuk mengoleskannya setiap 2-3 jam sekali, lo!

Mengapa begitu?

Hal ini lantaran pelembap merupakan fondasi utama yang dapat melindungi wajah dari sinar UV, penuaan dini dan timbulnya masalah kulit wajah lainnya, seperti jerawat, komedo hingga flek hitam. Sehingga, pemakaian pelembap secara berulang akan sangat bermanfaat untuk menutrisi kulit wajah.

Baca: Apa Bedanya Efek Body Butter dan Body Lotion pada Kulit?

“Apapun aktivitasnya, pelembap yang mengandung SPF atau sunscreen itu harus diulang pemakaiannya setiap 2-3 jam sekali, dan tidak harus cuci muka. Langsung gunakan saja tipis-tipis,” ungkapnya.

Mengoleskan pelembap juga dilakukan tidak hanya saat berada di luar ruangan. 

Alasannya, meskipun di dalam ruangan, pelembap juga harus tetap digunakan. Namun, jangka waktunya memang tidak se-intensif saat berada di luar ruangan.

"Saat di dalam ruangan, kita bisa mengoleskan pelembap setiap 4-6 jam sekali. Khusus yang beragama muslim, setelah selesai salat juga jangan lupa untuk mengoleskan pelembap kembali,” jelasnya.

Laili Ira Maslakhah/NOVA.id