Terungkap! Alasan Penting Perempuan Harus Mulai Merawat Kulit Sebelum Usia 25 Tahun

By nova.id, Selasa, 14 Februari 2017 | 04:30 WIB
Ini Jawaban Pakar Soal Pakai Krim Wajah yang Bikin Kulit Ketergantungan (nova.id)

Seringkali perempuan abai tentang kesehatan kulitnya. Umumnya mereka baru sadar untuk melakukan perawatan kulit yang intensif saat sudah berumur lebih dari 30 tahun. Padahal, memelihara kesehatan kulit wajah harus sudah mulai dilakukan sejak dini, lo!

Seperti yang dijabarkan oleh dr. Sari Chaerunnisa, Sp.KK bahwa usia 25 tahun adalah batas usia perempuan sebelum mengalami penuaan dini. Maka sebaiknya, perawatan intensif sudah dilakukan di usia 20-an.

Baca: Selain Belang, Ini Kerusakan Kulit Wajah Akibat Tak Pakai Sunblock Saat Berkendara

“Batas usia dimana kulit wajah mengalami penuaan itu sebenarnya pada usia 25 tahun. Jadi, sebaiknya sebelum usia  tersebut, kita sudah melakukan perawatan-perawatan yang intensif. Seperti memakai pelembab, serum, krim malam, dan produk kecantikan lainnya. Hal ini berguna agar penuaan dini atau flek-flek hitam tidak muncul terlalu cepat,” ungkap dokter yang berpraktik di Bamed Skin Care, Jakarta Barat ini.

Baca: Perhatikan Aturan Pakai Tabir Surya yang Benar untuk Lindungi Kulit

Terlebih Indonesia adalah negara tropis, maka peran pelembap dalam keseharian amat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

“Pelembap termasuk wajib pakai untuk perawatan sehari-hari. Cara ini sangat berguna untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari, sehingga flek-flek hitam atau tanda penuaan dini bisa dicegah,” ujarnya.

Baca; Orang Berkulit Gelap Lebih Terlindung dari Kanker Kulit dan Sinar Matahari, Benarkah?

Lalu bagaimana jika baru merawat kulit secara intensif ketika telah melewati usia 25 tahun? Dr. Sari mengatakan bahwa tidak ada kata terlambat untuk bisa merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

“Kalau baru sadar atau tahu tentang pentingnya merawat kulit baru-baru ini, ya tidak masalah. Karena tidak ada yang terlambat untuk melakukannya. Yang penting, dilakukan dengan rutin, ya."

Laili Ira Maslakhah/NOVA.id