Pegal Usai Olahraga? Lakukan 4 Hal Ini

By nova.id, Jumat, 9 Juni 2017 | 04:00 WIB
ada 3 tanda bra olahraga Anda sudah harus diganti agar tak menyimpan bakteri (nova.id)

Pernahkah merasa pegal seusai olahraga? Itu merupakan respons tubuh terhadap aktivitas yang cukup ekstrem. Menurut penjelasan dr. Michael Triangto Sp.KO., rasa pegal usai olahraga itu timbul lantaran energi yang terkuras untuk berolahraga. Lalu sisa pembakaran berupa asam laktat tidak tereliminasi secara sempurna.

"Wajar karena energi dipakai, ada sisa-saisa pembakaran dalam bentuk asam laktat, asam laktat atau asam susu ang tidak terleminasi akan membuat pegal usai olahraga," jelasnya pada Nova.id.

(Baca: 5 Jenis Olahraga yang Gampang Dilakukan dalam Waktu Singkat)

Karenanya, disarankan supaya tidak merasa pegal usai olahraga, lakukan peregangan dan pendinginan. Setelahnya, lakukan hal ini untuk mengurangi pegal usai olahraga”

1. Pijat

Melakukan  pijat bertujuan untuk melancarkan aliran darah dan eliminir lebih cepat. Sehingga otot yang tadinya tegang karena aktivitas olahraga bisa kembali lentur.

2. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat juga membantu melancarkan aliran darah usai berolahraga. Ternyata, mandi air hangat juga memberikan efek rileks setelah mengeluarkan tenaga yang cukup banyak.

3. Kompres Air Es

Mengompres bagian tubuh dengan air es disarankan apabila mengalami cidera saat olahraga. Menggunakan air es bertujuan untuk meredakan rasa sakit dan mengurangi bengkak.

4. Meletakkan Kaki ke Atas

Mungkin Sahabat NOVA pernah melakukan hal ini jika kaki terasa pegal usai olahraga. Terlentang di matras atau kasur usai berolahraga, kemudian mengangkat dan menyandarkan kaki ke tembok.

Ternyata, cara ini cukup efisien meredakan pegal dan bengkak. Sebab searah dengan gaya gravitasi membuat darah lebih mudah mengalir ke arah jantung.