Sering Stres dan Tak Bergairah Saat Seks, Mungkin 5 Hormon di Tubuh Ini Penyebabnya

By Dionysia Mayang, Kamis, 16 Februari 2017 | 09:30 WIB
Sering Stres dan Tak Bergairah Saat Seks, Mungkin 5 Hormon di Tubuh Ini Penyebabnya (Dionysia Mayang)

Pernahkah Anda sering merasakan perubahan mood secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas? Atau selera makan yang meningkat drastis tanpa disadari? Ya, setiap bulannya perempuan pasti mengalami hal-hal tersebut. Penyebabnya adalah siklus hormon.

Namun, jangan biarkan diri Anda larut dalam perubahan emosi tersebut. Ketimbang uring-uringan tak keruan, lebih baik pahami dulu cara kerja kelima hormon yang ada di tubuh berikut ini.

Estrogen

Hormon ini penting untuk menyiapkan pembuahan, juga meningkatkan gairah seks dan kekebalan tubuh. Estrogen yang terlalu tinggi akan menyebabkan PMS yang lebih menyakitkan dan bahkan kanker payudara.

Sebaliknya, bila kadar estrogen terlalu rendah bisa menyebabkan osteoporosis. Untuk menyeimbangkannya, jangan lupa untuk terus menjaga berat badan Anda.

Baca: Vagina Gatal karena Virus dan Hormon

Progesteron

Kadar progesteron yang tinggi bisa membantu kita tidur nyenyak. Namun, bila kadarnya terlalu tinggi, Anda bisa terkena selulit, lo. Agar kadar progesteron normal, cobalah untuk meditasi setidaknya 5 menit setiap harinya.

Testosteron

Tak hanya pada pria, hormon ini juga meningkatkan pembuahan dan libido. Namun, bila kadar testosteron terlalu tinggi bisa menyebabkan jerawat, ketombe, dan perubahan warna rambut. Agar kadar testosteron normal, jaga berat badan agar terhindar dari obesitas.

Baca: Benarkah Pil KB Bisa Mempengaruhi Hormon dan Libido?

Prolactin

Hati-hati, hormon ini yang bisa memicu stres. Kadar prolactin terlalu tinggi bisa menghilangkan hasrat seksual dan membuat Anda seolah mengalami sindrom menopause. Bila kadarnya normal, akan membantu meningkatkan pembuahan.

Nah, untuk menjaga kadar prolactin normal, mengurangi tidur yang berlebihan akan membantu Aada mengurangi hormon penyebab stres ini.

FSH/LH

Follocle stimulating hormone (FSH) adalah hormon yang bertugas menyiapkan sel telur., sebaliknya luteinizing hormone (LH) menekan produksi sel telur. Kadar FSH/LH yang ideal akan menyeimbangkan kadar progesteron.

Namun, bila kadar FSH/LH tidak ideal, Anda perlu berhati-hati karena bisa membuat ingatan bermasalah, insomnia, dan jerawat bermunculan. Untuk menyeimbangkannya, kurangi konsumsi minuman beralkohol apalagi jika Anda sedang merencanakan program punya anak.

Baca: Mau Seks Lebih Bergairah dan Pernikahan Makin Harmonis? Lakukan 5 Kebiasaan Ini

Jadi, jangan lupa untuk terus menjaga pola hidup sehat, ya, supaya hormon-hormon dalam tubuh tadi tetap seimbang dan bekerja dengan baik.

Dionysia Mayang/NOVA.id

Sumber : www.womenshealthmag.com