Alasan Utama Mengapa Perempuan Khawatir Kehidupan Seksnya Berubah Setelah Melahirkan

By Dionysia Mayang, Kamis, 16 Februari 2017 | 12:00 WIB
Ternyata Ini Alasan Suami Langsung Tidur Setelah Bercinta (Dionysia Mayang)

Setelah melahirkan, mungkin akan muncul pertanyaan bagi perempuan soal apakah kehidupan seks mereka akan berubah? Atau berpikiran apakah lebih memilih operasi sesar dibanding operasi normal agar bisa melakukan seks seperti sebelumnya?

Jangan takut melahirkan akan mengubah kehidupan seks Anda!

Baca: Mengapa Suami Istri Lebih Sering Bertengkar Setelah Punya Anak?

Menurut Mary Jane Minkin, M.D., F.A.C.O.G., profesor kebidanan dan ginekologi dari Yale University School of Medicine, kebanyakan perempuan yang memilih operasi sesar khawatir akan kondisi vagina setelah melahirkan tidak kembali rapat seperti sebelumnya.

Bahkan, sebuah penelitian terbaru di BJOG: International Journal of Obstetrics and Gynecology membandingkan kehidupan seks perempuan yang melahirkan normal dengan yang melahirkan lewat operasi sesar.

Dari penelitian ini ditemukan bahwa mereka yang melahirkan secara normal mengalami tekanan vagina bagian dalam lebih ringan dibanding dengan yang memilih operasi sesar.

Baca: Penyebab Perempuan Malas Diajak Bercinta Setelah Melahirkan

Meskipun penelitian ini tidak membandingkan antara perempuan yang sudah melahirkan dengan yang belum, secara umum kehidupan seksual tidak terpengaruh karena proses melahirkan.

Pada penelitian lain ditemukan bahwa kekuatan otot dasar panggul akan lebih menurun pada kelahiran normal, meskipun tidak mempengaruhi fungsi seksual.

Namun, apakah mungkin bentuk vagina akan berubah drastis setelah melahirkan? Mungkin saja. Minkin menjelaskan bahwa vagina memang memiliki tipikal lentur.

Begitu pula jika takut kepuasan seksual terancam terganggu setelah melahirkan. Tak perlu panik, sebab pada akhirnya vagina akan kembali normal seperti sebelum melahirkan.

Untuk mendapatkan vagina dengan kondisi demikian, Minkin menyarankan latihan kegel secara rutin. Selain akan membantu vagina kembali kencang, kehidupan seks pun bisa berjalan seperti sebelumnya.

Baca: 8 Rahasia Seks Menyenangkan Usai Melahirkan

Meskipun kelihatannya mudah, yang terpenting adalah jangan terbebani dengan pikiran bahwa hubungan seks setelah melahirkan tidak memuaskan seperti sebelum melahirkan. Fokus saja dengan menerapkan pola hidup sehat bagi Anda dan tentunya bayi Anda, serta jangan lupakan latihan kegel secara rutin.

Dionysia Mayang/NOVA.id

Sumber : womenshealthmag.com