#29CaraSehat: Wah, Rutin Menyiram Tanaman Bikin Hati Senang dan Badan Langsing

By Ade Ryani HMK, Minggu, 19 Februari 2017 | 02:30 WIB
#29CaraSehat: Wah, Rutin Menyiram Tanaman Bikin Hati Senang dan Badan Langsing (Ade Ryani HMK)

Menanam tanaman baru yang lagi tren dan menyiraminya secara rutin adalah bentuk me time yang biasa dilakukan perempuan di rumah. Ingat, kan, ibu selalu menyuruh kita sewaktu   kecil untuk menyiram tanaman setiap pagi atau sore? Nah, hal ini pun bisa dilakukan juga saat kita dewasa.

Kabar baiknya, ternyata rutin menyiram tanaman sambil berdiri selama 30 menit mampu membakar 60 kalori. Selingi kegiatan dengan berjalan agar kalori yang terbakar bertambah.

Baca: Ibu, Yuk Lakukan 15 Ide Me Time Cantik yang Hemat Waktu dan Biaya Ini

Kegiatan ini tak hanya baik untuk tubuh, tapi juga pikiran. Bahkan, jika menyiram tanaman juga diikuti dengan kegiatan berkebun, tubuh mampu membakar hingga 300 kalor per jam.

Menurut Center for Disease Control and Prevention, jumlah tersebut lebih dari mengangkat beban untuk waktu yang sama. Sebab seperti kita tahu berkebun tentu melibatkan banyak gerakan tubuh. Mulai dari memotong rumput, merapikan tanaman dan pot, menanam bunga dan pohon, menggali tanah, memberi pupuk, dan menyiram tanaman.

Yang menyenangkan, karena aktif bergerak tubuh pun semakin sehat. Sebab gerakan tersebut mampu melancarkan peredaran darah sehingga lebih mudah terhindar dari risiko berbagai penyakit. Seperti serangan jantung, stroke, dan diabetes.

Baca: Sayur Subur Pakai Mol

Saat berkebun maupun menyiram tanaman, kita pasti sering merasa lebih rileks. Ternyata hal ini disebabkan produksi hormon endorfin yang meningkat. Sehingga perasaan kita menjadi nyaman dan senang. Nah, setelah itu, pikiran pun kembali fresh, begitu juga dengan suasana hati.

Supaya lebih sehat, Anda pun bisa mengajak keluarga ikut berkebun atau sekadar menyiram tanaman. Jangan lupa melakukannya dibawah sinar matahari pagi ya, tepatnya sebelum jam 9 pagi. Selain kita bisa menghirup oksigen yang menyegarkan, tubuh pun mendapat manfaat dari sinar matahari pagi.