Agar Tubuh Selalu Bugar, Ternyata Cukup Lakukan 3 Hal Sederhana Ini

By nova.id, Jumat, 3 Maret 2017 | 06:30 WIB
Benarkah Olahraga Tak Menjamin Berat Badan Cepat Turun? (nova.id)

Kecantikan erat hubungannya dengan keadaan tubuh yang sehat hingga dalam segala kesempatan penampilan akan selalu prima. Tidak susah untuk mendapatkan kecantikan luar dalam hingga mendapatkan penampilan prima sepanjang hari.

Berikut tiga langkah sehat yang bisa Anda terapkan baik sebelum memulai aktivitas di pagi hari, maupun ketika ada waktu senggang di rumah. Mau coba?

1. Berkeringat sebelum sarapan

Saat sarapan konsumsi smoothie sehat yang mengandung buah, sayur dan susu setiap hari. Menurut sebuah penelitian, seseorang bisa membakar lemak 20% lebih efektif jika berolahraga sebelum sarapan pagi.

“Berolahraga saat perut dalam keadaan kosong, mampu memproduksi hormon yang meningkatkan metabolisme tubuh,” ungkap ahli nutrisi N.Y.C., Jeffrey Morrison.

Baca: Bisa Bekerja Hingga Larut Malam Tapi Tetap Segar, Apa Rahasianya?

2. Lakukan olahraga sendiri di rumah

Di antara waktu senggang Anda, mengapa tak terpikir untuk mulai berolahraga? Geser semua perabotan dan pasang pilates mat. Lalu pasang DVD pilates at home dan ikuti instruksi yang diberikan.

Alternatif lain adalah dengan mencoba gerakan-gerakan yang diajarkan beberapa situs di internet dan video tutorial.

Baca: 5 Jenis Olahraga yang Gampang Dilakukan dalam Waktu Singkat

3. Adaptasi bagi yang sudah lama absen olahraga

Jika sempat absen berolahraga selama beberapa bulan, jangan paksakan diri untuk mengikuti rutinitas yang sama seperti dulu. “Butuh waktu beberapa minggu untuk kembali membangun ketahanan tubuh Anda,” ungkap Ryan, pelatih kebugaran.

Ia menyarankan untuk mulai melakukan treadmill lebih dulu selama 15 menit, empat hingga enam hari dalam seminggu. “Minggu berikutnya jadi 30 menit dan minttu berikutnya naik lagi menjadi 40 menit,” ungkapnya.

Alvin Dwipayana

Kontributor/NOVA.id