Kaki Membengkak, 1 dari 7 Tanda Jantung Anda Bermasalah

By Dionysia Mayang, Jumat, 17 Februari 2017 | 07:30 WIB
Penyakit yang Muncul Setelah Mengalami Serangan Jantung (Dionysia Mayang)

Banyak kejadian dimana penderita sakit jantung sama sekali tidak merasakan gejala, sebelum akhirnya terkena serangan dan jatuh sakit. Bahkan, serangan jantung juga sering terjadi pada perempuan muda yang rentan terkena penyakit.

Menurut Nieca Goldberg, M.D., direktur dari Joan H. Tisch Center for Women’s Health di New York, serangan jantung juga umum ditemukan pada perempuan yang sudah mengalami menopause setidaknya selama sepuluh tahun. Meskipun demikian, sekitar 30.000 perempuan di New York menderita sakit jantung sebelum berusia 50 tahun.

Menurut Centers of Disease Control and Prevention’s, penyakit jantung adalah alasan utama kematian pada perempuan di atas usia 35 tahun atau sekitar satu dari empat kematian. Umumnya para penderita penyakit jantung ini tidak menyadari atau bahkan mendiamkan gejala-gejalanya, terutama penderita perempuan berusia muda.

BACA: Ini Perbedaan Gejala Serangan Jantung pada Pria dan Wanita

Sebenarnya, masalah-masalah pada jantung bisa dideteksi dini dari tanda-tanda kecil yang terjadi pada tubuh kita, lo. Mari waspadai masalah pada jantung dengan memperhatikan tanda-tanda berikut ini.

Kaki atau Pergelangan Kaki Membengkak

Kaki yang membengkak bisa jadi karena adanya masalah pada jantung kita. Adanya cairan yang terus bertambah di bagian kaki merupakan gejala dari kegagalan fungsi jantung, di mana jantung tidak bisa mengalirkan darah seperti semestinya.

BACA: 4 Fakta Penting Sakit Jantung pada Perempuan Agar Tak Terlambat Penanganan

Sakit Kepala

Jangan abaikan tanda ini, lebih baik atasi dengan benar karena sakit kepala bisa terjadi karena ada gejala stroke atau pembekuan darah. Periksakan ke dokter bila sakit kepala muncul agar bisa diketahui dengan tepat penyebabnya.

Kelelahan

Tanda ini paling sering diabaikan, dan kita menganggapnya hanya karena jam tidur yang kurang, stress, ataupun aktivitas yang padat. Sebenarnya, bila kita merasakan tubuh terasa lemah dan sangat lelah, ada kemungkinan jantung kita sedang bekerja keras untuk mengoksidasi tubuh yang sedang tidak beres.

Kram Perut

Kebanyakan orang menganggap bahwa sakit jantung dirasakan tepat di dada kiri. Namun yang sering tidak disadari, sakit jantung bisa dirasakan pada area perut. Bila kita merasakan kram perut yang menyiksa, bisa jadi jantung kita sedang mengirimkan sinyal yang tidak beres pada perut kita.

BACA: Nyeri Dada? Kenali Perbedaan Gejala Asam Lambung dan Serangan Jantung

Pingsan

Pingsan terjadi karena adanya penurunan tekanan darah, dan bisa juga terjadi bila kita bergerak secara tiba-tiba seperti misalnya bangun tidur dari tempat tidur secara cepat. Namun bila mengalami pingsan berulang kali secara tidak normal, lebih baik segera konsultasi ke dokter.

Pusing

Seperti pada tanda lainnya, pusing seringkali diabaikan dan kebanyakan tak menyadari bahwa pusing bisa menjadi tanda bahwa jantung sedang bermasalah. Bila pusing datang terus menerus, bisa jadi jantung kita sedang bekerja lebih keras karena adanya masalah tekanan darah atau penyumbatan pembuluh darah.

Baca; Waspada, 7 Gejala Ini Sering Muncul Sebulan Sebelum Serangan Jantung

Pegal pada Punggung

Ingat, sakit jantung tidak melulu dirasakan pada area sekitar dada namun juga bisa terjadi pada punggung. Bila punggung dirasa sangat pegal dan seperti ada beban berat yang menekan, bisa jadi adalah tanda jantung sedang bermasalah.

Dionysia Mayang/NOVA.id

Sumber: www.womenshealthmag.com