Bukan Sakit atau Miskin, Tapi Hal Ini yang Membuat Orang Lebih Cepat Meninggal

By nova.id, Rabu, 22 Februari 2017 | 12:30 WIB
Bukan Sakit atau Miskin, Tapi Hal Ini yang Membuat Orang Lebih Cepat Meninggal (nova.id)

Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya bisa menemaninya hingga akhir waktu di dunia. Namun, tuntutan pekerjaan dan karir membuat anak-anak terpaksa pergi dan meninggalkan orang tuanya sendiri di rumah. Kesepian tentu saja mereka rasakan. Mereka rindu saat-saat Anda bermain dan tertawa riang.

Bila ada waktu, sempatkanlah untuk mengajak orang tua Anda bermain atau berlibur bersama. Sebab, baru-baru ini para ilmuwan dari University of California mengumumkan bahwa menghabiskan banyak waktu bersama orang tua ternyata bisa memperpanjang umur mereka, lo!

Dikutip dari Brightside, berikut sejumlah alasan mengapa orang tua sangat membutuhkan perhatian lebih di usia senjanya.

Baca: Sering Unggah Foto Hitam-Putih di Media Sosial Pertanda Depresi dan Kesepian?

Perasaan ‘kesepian’ memiliki andil besar dalam mempercepat proses penuaan dan kematian pada seseorang. Hal ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan pada 1.600 orang tua yang berusia 71 tahun.

Ternyata, bukan faktor kesehatan dan kemiskinan yang membuat mereka jatuh sakit dan meninggal, melainkan sebuah perasaan kesepian mendalam yang dirasakan. Berdasarkan penelitian, hanya 14 persen dari orang tua yang sering dikunjungi anaknya yang meninggal. Sisanya, meninggal lebih cepat karena jarang dikunjungi oleh anak-anaknya.

Setiap hari, orang tua selalu menunggu kunjungan dari anak-anak dan cucunya. Mereka ingin bisa mengobrol, berbincang, serta tertawa bersama orang-orang yang mereka sayangi di usia senjanya.

Baca: Ibu yang Suka Posting Foto Bayi di Media Sosial Krisis Identitas?

Namun, terkadang orang tua hanya bisa memendam keinginannya untuk bisa bertemu anak dan cucunya karena tidak ingin mengganggu pekerjaan kita. Maka dari itu, coba lebih peka lagi, yuk.

Toh, mereka tidak selalu membutuhkan uang atau materi lain dari anak-anaknya. Tapi, yang mereka butuhkan hanya pelukan hangat dan senyuman dari anak-anaknya setiap hari.

Hanya memberikan waktu satu jam dalam sehari atau telepon minimal tiga kali dalam seminggu, Anda sudah bisa membuat orang tua Anda panjang umur dan bahagia lebih lama.

Baca: Pamer Kemesraan di Media Sosial: Realita atau Hanya Panggung Sandiwara?

Yuk, beri lebih perhatian pada orang tua kita. Sesederhana menyapanya lewat sambungan telepon atau mengajaknya makan di rumah sepulang kerja.

Laili Ira Maslakhah/NOVA.id