Tindakan Medis Pertama yang Harus Dilakukan Jika Merasa Sulit Hamil

By Dionysia Mayang, Kamis, 23 Februari 2017 | 03:30 WIB
Sering Stres dan Tak Bergairah Saat Seks, Mungkin 5 Hormon di Tubuh Ini Penyebabnya (Dionysia Mayang)

Anda sudah menikah lama namun belum dikaruniai keturunan? Atau Anda baru merencanakan kehamilan pada usia di atas 30 tahun? Faktor yang bisa mempengaruhi Anda belum memiliki keturunan adalah infertilitas atau gangguan kesuburan yang bisa dialami Anda atau pasangan atau keduanya.

Sebagai solusi dari  infertilitas, ada beberapa tahapan yang bisa diambil agar bisa segera memiliki keturunan. Dr. Yassin Yanuar MIB, SpOG., MSc menjelaskan pada Nova.id mengenai beberapa tahap solusi pasangan dengan infertilitas.

Pada tahap awal, pasangan bisa melakukan konseling dengan dokter. Dari konseling itu bisa diketahui seperti apa gaya hidup masing-masing, hubungan seksual, pekerjaan, juga umur Anda dan pasangan.

Dari hasil konseling, akan diambil penanganan atau tindakan. Penanganan pada setiap pasangan bisa berbeda. “Penanganan yang diambil pada satu pasangan berbeda dengan penanganan pada pasien lain, tergantung pada keluhannya,” jelasnya.

Baca; Ini 6 Alasan Mengapa Harus Melakukan Inseminasi

Penanganan pertama adalah pemberian obat penyubur atau obat pemicu sel telur bagi perempuan. Obat penyubur atau obat pemicu sel telur juga diberikan pada pasien yang memiliki keluhan adanya kista coklat atau gangguan saluran telur.

Setelah diambil tindakan bedah pada pasien dengan kista coklat atau gangguan saluran telur, akan diberikan obat penyubur untuk membantu memicu kesuburan. Namun, bila setelah 4 hingga 6 kali konsumsi obat penyubur tidak berhasil atau tidak memicu kehamilan, maka pasangan akan diberi alternatif inseminasi.

Baca; 5 Faktor yang Pengaruhi Keberhasilan Inseminasi untuk Punya Anak

Inseminasi adalah program reproduksi dengan menggunakan teknologi, dimana sperma akan dimasukkan ke dalam rahim dengan menggunakan kateter. Inseminasi juga bisa diambil sebagai alternatif bila kondisi pasangan keduanya normal namun tidak kunjung memiliki keturunan.

Inseminasi tak hanya dilakukan pada pasangan yang sudah lama menikah namun tak kunjung memiliki keturunan dan pasangan yang sudah berusia di atas 40 tahun, namun juga bisa dilakukan pada pasangan muda yang memang memiliki gangguan kesuburan.

Baca: Atasi Infertilitas, Metode Inseminasi Juga Mampu Hasilkan Bayi Kembar. Benarkah?

Bila setelah 4 kali inseminasi tidak membuahkan hasil, maka pasangan akan diberi alternatif program bayi tabung. Meskipun begitu, memang masih banyak yang menjadikan program bayi tabung sebagai alternatif utama bila terjadi gangguan pada kesuburan baik pria maupun perempuan.

Nah, bila Anda atau pasangan memiliki gangguan kesuburan atau infertilitas padahal ingin segera memiliki keturunan, jangan segan untuk melakukan konseling dengan dokter kepercayaan Anda, ya!

Dionysia Mayang/NOVA.id