Jangan Anggap Enteng, Lebam yang Muncul Tiba-tiba di Tubuh Bisa Berbahaya

By Dionysia Mayang, Rabu, 22 Februari 2017 | 14:15 WIB
Penyebab kaki memar (Dionysia Mayang)

Sesekali kita tentu pernah menemukan ada gejala-gejala tak biasa pada tubuh kita. Misalnya, lebam-lebam atau memar yang muncul di kaki, tangan, atau bagian tubuh lainnya. Anehnya, kita merasa tidak pernah ada benturan pada tubuh kita.

Jangan khawatir, ternyata setiap tubuh orang masing-masing memiliki keunikan masing-masing, termasuk lebam yang sesekali muncul di tubuh.

Lebam bisa terjadi karena sel darah yang lemah, yang disebabkan karena kita sedang mengonsumsi obat-obatan yang bisa didapatkan tanpa resep dokter.

Baca: 7 Langkah Mudah Singkirkan Bekas Luka Pada Wajah

Obat-obatan tersebut seperti jenis aspirin, ibuprofen, atau naproxen, seperti yang dijelaskan oleh Lori Tishler, M.D., direktur Brigham and Women’s Hospital di Boston.

Lebam-lebam itu akan muncul bila konsumsi obat-obatan sudah berjalan selama seminggu atau lebih. Pada beberapa kasus, lebam juga ditemukan muncul pada penggunaan obat dalam waktu yang relatif singkat, namun dengan dosis yang lebih besar.

Baca: 3 Penyakit yang Bisa Dideteksi Lewat Mata, Salah Satunya Diabetes

Kulit kebiru-biruan atau bahkan menghitam memang mengganggu. Namun, bila dalam seminggu lebam itu memudar, kita tak perlu khawatir. Bila lebam semakin kentara dan muncul makin banyak di sekujur tubuh, perlu kita waspadai terutama disertai dengan pendarahan seperti mimisan tiba-tiba.

Sebaiknya, segera pergi ke dokter bila lebam semakin parah. Bisa jadi lebam disebabkan karena kelainan darah seperti anemia, kelainan pembekuan darah, tekanan darah tidak stabil, dan bisa juga leukimia.

Dionysia Mayang/NOVA.id

Sumber : www.womenshealthmag.com