Begini Perawatan yang Tepat untuk 3 Jenis Jerawat Ini

By nova.id, Kamis, 23 Februari 2017 | 08:45 WIB
Cara Menghilangkan Jerawat Dalam Waktu 12 Jam Saja (nova.id)

Tak mengenal usia, jerawat datang dan pergi hingga mengganggu rasa percaya diri. Penyebabnya beragam, mulai dari asupan makanan hingga perubahan hormon.

Pengobatannya sesuai penyebab dan tingkat keparahan jerawat. Berikut perawatan yang tepat untuk 3 jenis jerawat ini:

Baca: 4 Manfaat Tak Terduga Bawang Putih Untuk Cegah Penuaan dan Jerawat

1. Jerawat Komedo

Terjadi akibat produksi kelenjar minyak berlebih dan penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori. Apabila komedo dibiarkan, lama-kelamaan permukaan kulit wajah terasa kasar, berwarna kehitaman dan tidak rata.

Perawatan yang tepat: Jangan menekan atau memencet jerawat karena dapat menyebabkan peradangan. Lakukan facial scrub seminggu sekali untuk membuka pori dan mengangkat kotoran.

Bersihkan sisa kosmetik dengan produk pembersihm terutama malam hari sebelum tidur. Pilih produk perawatan wajah sesuai jenis kukit berformula noncomedogenic.

2. Cystic acne

Lebih populer dengan sebutan jerawat batu. Ukurannya relatif besar dan tidak “bermata”, sehingga membentuk benjolan besar yang meradang berwarna kemerahan. Biasanyan terasa sakit saat diraba.

Perawatan yang tepat: Lakukan facial di salon kecantikan atau klinik perawatan kulit dengan pengawasan dokter kulit secara rutin.

Facial dilakukan untuk membuka pori-pori sehingga lemak yang menumpuk dan membatu dapat terangkat secara sempurna. Jangan melakukan sendiri di rumah, karena teknik facial yang salah dapat mengakibatkan kulit makin meradang.

3. Jerawat Pustula

Jerawat jenis ini berwarna kemerahan dan “bermata” dengan titik puncak berwarna putih. Apabila dibiarkan dan tidak diberi perawatan ekstra, lama-kelamaan akan menimbulkan kista, nanah, infeksi berkelanjutan dan tumbuh terus menerus.