10 Barang Wajib Bawa di Tas Saat Musim Hujan

By nova.id, Rabu, 1 Maret 2017 | 09:30 WIB
10 Barang Wajib Bawa di Tas Saat Musim Hujan (nova.id)

Peralihan musim kemarau ke musim hujan tak hanya menimbulkan pengaruh pada kesehatan karena bisa memicu penyakit tertentu. Seperti yang terjadi belakangan ini, hujan yang mengguyur beberapa wilayah di Indonesia terjadi begitu intens dan menyebabkan banjir di sejumlah titik.

Selain itu, hujan juga rentan menimbulkan gangguan kesehatan. Jika cuaca yang kurang bersahabat ini membuat Anda tetap harus beraktivitas seperti biasa, maka jangan lupa membawa perlengkapan penting ini dalam kegiatan sehari-hari.

Jangan sampai musim hujan membuat Anda jatuh sakit dan membuat produktivitas menurun, ya.

1. Payung

Payung merupakan benda wajib bawa yang tidak boleh dilupakan saat musim hujan. Meskipun kecil, namun benda ini mampu melindungi tubuh dari rintik air hujan. Agar praktis, sebaiknya bawa payung yang bisa dilipat sehingga bisa masuk ke dalam tas Anda. Hal ini pun akan memudahkan aktivitas seperti saat harus naik-turun transportasi umum.

Sebaiknya Anda memilih payung dengan bahan paku keling yang padat, memiliki gagang yang kuat dan mudah digenggam serta tidak terbuat dari bahan aluminium.

Baca: 5 Produk Skincare Wajib Saat Musim Hujan

2. Handuk Microfiber

Benda kecil ini memang sering dilupakan. Padahal, handuk microfiber ini sangat bermanfaat, terutama untuk menyerap basah dan mengeringkan rambut serta tubuh dengan cepat ketika kehujanan. Handuk microfiber ini juga bisa menyerap air yang masuk ke dalam kaos kaki Anda, lo!

Cukup satukan handuk dengan kaos kaki yang basah, kemudian peras bersama. Kaos kaki pun akan lebih cepat kering.

3. Baju Ganti

Saat hujan, meski sedikit merepotkan tapi membawa baju ganti sepertinya layak dicoba. Misalnya, membawa tambahan baju, celana, kaos kaki, dan pakaian dalam. Hal ini untuk mengantisipasi keadaan basah kuyup ketika terjadi hujan lebat. Terutama jika Anda berpergian dengan kendaraan roda dua (motor).

Baca: Waspadai 3 Penyebab Alergi Cuaca Dingin dan Musim Hujan

4. Kantong Plastik

Kantong plastik akan sangat berguna untuk melindungi barang-barang berharga Anda. Seperti mengamankan gadget, laptop, dompet dan dokumen berharga lainnya. Kantung plastik juga bisa digunakan untuk meletakkan sepatu atau sandal yang basah.

5. Jaket Tahan Air

Jaket tebal yang tahan air atau waterproof juga merupakan item yang wajib dibawa. Selain bisa menghangatkan tubuh dari udara dingin, jaket ini juga bisa melindungi tubuh dan barang-barang berharga Anda dari cipratan air hujan.

6. Sandal Jepit

Saat musim hujan, tak ada salahnya membawa sandal jepit untuk berjaga-jaga. Bentuk sandal jepit yang fleksibel dan tahan air ini akan sangat bermanfaat untuk mengamankan sepatu Anda dari kerusakan karena hujan. Sepatu pun akan tetap kering dan tidak mudah rusak.

Baca: Sebelum Mewabah, Cegah 5 Penyakit Musim Hujan Ini Sekarang Juga

7. Casing Anti Air

Anda tentu tidak ingin gadget rusak karena kehujanan, bukan? Jangan lupa untuk membungkus gadget dengan casing anti air, ya.

8. Tas Tahan Air

Saat musim hujan seperti ini, sebaiknya gunakan tas dengan bahan kulit sintetis atau bahan anti air (waterproof) lainnya yang mampu menangkal masuknya air. Jika tak ada, gunakan cover bag untuk menutupi tas.

Baca: Wajib Dicoba, Tips Makeup Instan Saat Musim Hujan

9. Minyak Kayu Putih

Jika Anda mudah kedinginan atau memiliki alergi dingin, minyak kayu putih atau jenis minyak penghangat tubuh lainnya wajib dibawa dalam tas. Untuk sehari-hari, benda kecil ini amat berguna untuk menghangatkan badan. Apalagi jika menggunakan transportasi umum ber-AC yang suhunya cukup dingin.

10. Multivitamin

Terakhir, jangan sampai lupa untuk membawa vitamin, ya. Cuaca yang tidak menentu akan membuat Anda lebih mudah terserang penyakit. Tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan dengan mengonsumsi vitamin.  

Lalili Ira Maslakhah/NOVA.id