Marah-marah Ternyata Baik untuk Kesehatan, Asal Perhatikan 3 Hal Ini

By nova.id, Minggu, 26 Februari 2017 | 03:30 WIB
Duh! Sering Marah-marah Bisa Bikin Badan Makin Gemuk (nova.id)

Ternyata, meluapkan rasa marah tidak selalu buruk, karena bisa membuat emosi kita stabil. Namun, rasa marah harus kita kontrol baik-baik. Sebenarnya, kenapa sih kita bisa merasa marah atau gusar?

Marah adalah reaksi normal kita ketika berhadapan dengan ancaman. Tubuh akan memproduksi hormon adrenalin, otot mengencang, dan detak jantung serta tekanan darah meningkat. Perasaan kita akan semakin sensitif dan bisa juga terjadi muka dan tangan memerah.

Jika tak dikontrol, rasa marah tentunya bisa menimbulkan masalah lanjutan. Seperti serangan jantung atau masalah lain yang lebih parah dari pertengkaran kita dengan seseorang.

Baca: Duh! Sering Marah-marah Bisa Bikin Badan Makin Gemuk

Meski demikian, ternyata rasa marah yang kita luapkan tidak selalu merupakan hal yang buruk. Dengan meluapkan rasa marah atau gusar, kita bisa mengungkapkan emosi kita. Selain itu, bisa memotivasi kita untuk melakukan hal lain yang lebih positif.

Setiap orang memiliki alasan-alasan dan pemicu marah yang berbeda-beda, seperti misalnya kehilangan kesabaran, menemukan ketidakadilan, atau kerja kita tidak dihargai. Marah juga bisa terjadi karena pengaruh obat-obatan.

Baca: Terungkap! Zodiak Paling Berbahaya dan Jahat Menurut FBI

Nah, bila ingin meluapkan marah, lebih baik kontrol hal-hal ini.

Ekspresi

Luapkan marah tanpa menggunakan ekspresi berlebihan, seperti misalnya kontak fisik atau hal lain yang mengganggu orang lain.

Atur emosi

Memang lebih mudah untuk marah dan meluap-luap. Namun ingat, bila kita tidak bisa mengatur emosi kita, bisa jadi kita bisa memicu orang lain untuk marah juga.

Tenangkan Diri

Bila sudah terbiasa menahan rasa marah agar tak meluap-luap, kita akan terbiasa dan mudah untuk menenangkan diri. Bila kita tenang, maka kita pun bisa mudah untuk melanjutkan aktivitas kita.

Baca: Mau Seks Lebih Bergairah dan Pernikahan Makin Harmonis? Lakukan 5 Kebiasaan Ini

Rasa marah memang tak harus selalu disimpan dan ditahan, karena bisa menjadi memicu sakit kepala, tekanan batin, dan lainnya. Maka, kontrol emosi kita baik-baik atau salurkan dengan cara yang bijak selayaknya orang dewasa, ya!

Dionysia Mayang/NOVA.id

Sumber : www.mayoclinic.org