Meski Bisa Tanggal Sendiri, Gigi Susu Bolong Tetap Harus Ditambal, Lo!

By Dionysia Mayang, Selasa, 28 Februari 2017 | 03:30 WIB
Meski Bisa Tanggal Sendiri, Gigi Susu Bolong Tetap Harus Ditambal, Lo! (Dionysia Mayang)

Gigi kita memiliki dua jenis yaitu gigi susu dan gigi tetap. Gigi susu merupakan gigi yang tumbuh saat masih berusia 6 hingga 30 bulan, dan biasanya akan tanggal pada usia 6 hingga 12 tahun. Setelah tanggal, gigi susu akan digantikan dengan gigi tetap.

Banyak yang beranggapan bila gigi susu anak kita berlubang, tak perlu ditambal. Toh, nanti juga akan tanggal dan digantikan dengan gigi tetap. Namun, hal itu salah.

Baca: Kapan Gigi Geraham Bungsu Harus Dicabut? Kenali 3 Tandanya

“Gigi susu yang berlubang tetap harus ditambal,” kata drg. Eri Wishwa Dewi, Sp.KG., ahli konservasi gigi dari Jogjakarta International Hospital.

Menurut drg. Eri, fungsi gigi adalah untuk mengunyah makanan agar lebih mudah dicerna di tahap selanjutnya. Selain itu, gigi susu juga memiliki fungsi untuk membimbing atau menjadi petunjuk gigi permanen atau gigi tetap di mana tempatnya tumbuh kelak.

Baca: Mengapa Sakit Gigi Membuat Leher, Mata, dan Kepala Terasa Nyeri?

“Jadi, semakin lama gigi susu bisa bertahan lama di dalam rongga mulut, semakin baik harapan gigi penggantinya untuk tumbuh dengan baik di posisi yang benar,” jelasnya pada NOVA.id beberapa waktu yang lalu.

Gigi berlubang atau yang juga sering disebut karies memang sering ditemukan pada anak-anak. Bila menyerang gigi susu, harus diberikan penanganan mengingat fungsi-fungsi gigi susu yang penting. Kita juga harus menghapus pola pikir yang salah bahwa gigi susu adalah gigi yang tidak penting.