Tak Disangka, 9 Makanan Favorit Ini Bikin Gampang Ngantuk

By Dionysia Mayang, Kamis, 2 Maret 2017 | 09:30 WIB
Menguap menular? (Dionysia Mayang)

Mengantuk tak hanya muncul setelah kita lelah beraktivitas atau kurang tidur. Kita pasti juga pernah merasa mengantuk setelah makan. Memang tak semua jenis makanan membuat kita mengantuk.

Tapi, beberapa jenis makanan berikut bikin kita gampang ngantuk, lo. Yuk, cek apa saja? 

1. Produk Susu

Di antara produk susu lainnya, hard cheese seperti parmesan, edam, gouda, dan lainnya memiliki efek yang menenangkan karena memiliki kandungan kalsium tinggi. Mengudapnya dengan biskuit bisa membantu kita untuk mudah terlelap, lo.

2. Almond

Almond memiliki kandungan triptofan yang sangat tinggi. Triptofan sendiri adalah salah satu dari 20 asam amino yang penting dan juga biasa dikenal dengan hormon tidur. Selain itu, jenis kacang-kacangan ini juga memiliki kandungan magnesium tinggi sehingga bisa meregangkan otot dan kita pun bisa relaks.

3. Pisang

Gula, potassium, dan magnesium yang terkandung dalam banana membuat triptofan masuk ke otak lebih mudah dan cepat mengantuk. Cocok untuk yang memiliki keluhan susah tidur, nih.

Baca: 9 Makanan Penyebab Migrain yang Perlu Dihindari

4. Biji Kenari

Biji kenari atau walnut memiliki kandungan triptofan yang lebih sedikit, namun memiliki kandungan melatonin. Sudah ada penelitian yang membuktikan bahwa walnut akan meningkatkan produksi triptofan dan tentunya kita jadi lebih mudah mengantuk.

5. Cherry

Dalam cherry ada kandungan melatonin yang tinggi. Namun, efek mengantuk akan lebih cepat terasa bila kita minum jus cherry dibanding kita makan buah cherry segar.

Baca: Saran 12 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Baru

6. Teh Chamomile

Chamomile adalah sejenis bunga yang mengandung glisin yang memiliki efek kuat untuk melemaskan otot dan sistem saraf. Tak usah paksa terus terjaga setelah meminum secangkir teh chamomile, karena efeknya membuat kita lekas terlelap.

7. Biji Labu

Selain mengandung triptofan, dalam biji labu juga terkandung zinc dan magnesium. Gabungan ketiganya akan membuat kita relaks, dan dengan segera akan terlelap.

Baca: 7 Jenis Makanan yang Bikin Sering Buang Angin

8. Nasi Putih

Nasi putih memiliki level tinggi pada indeks glikemik, yang akan membuat kita mengantuk 3 hingga 4 jam setelah makan nasi putih.

9. Ikan Berminyak

Asam yang terkandung pada salmon, tuna, dan jenis ikan berminyak lainnya akan meningkatkan produksi melatonin dalam tubuh. Asam ini juga akan menekan hormon stress dalam tubuh, sehingga kita bisa lebih relaks.

Sumber : www.brightside.me