Siti Aisyah Bersikukuh Mengaku Tak Bersalah

By nova.id, Kamis, 2 Maret 2017 | 06:45 WIB
Sidang perdana Siti Aisyah dimulai dengan agenda pembacaan dakwaan (nova.id)

Terancam hukuman mati di Malaysia, Siti Asiyah (25), warga Serang, Banten, mengaku tidak bersalah terkait tewasnya Kim Jong Nam, putra tertua mantan penguasa Korea Utara Kim Jong Il.

Baca : Siti Aisyah Dipindahkan ke Penjara Khusus Wanita Kajang di Selangor

"Dia menolak. Dia menolak. Dia mengatakan tidak bersalah," tegas Selvam Shanmugam, penasihat hukum Siti Aisyah, dari Firma Hukum Gooi Soon Seng, di Sepang, Malaysia, Rabu (1/3).

Siti Aisyah mengatakan ia dijebak sebuah sindikat yang pura-pura mengajak mengikuti sebuah acara reality show lelucon di televisi. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia menunjuk Firma Hukum Gooi Soon Seng untuk mendapingi Siti Aisyah.

Pada sidang pertama itu Aisyah mengenakan T-shirt warna merah dan celana jins biru. Sedangkan terdakwa Doan Thi Huong, warga negara Vietnam, mengenakan kaus kuning, jins biru, dan rambutnya dicat pirang.

Pengacara Huong juga mengatakan kliennya mengaku tidak bersalah. "Dia membantah. Dia bilang tidak bersalah. Tentu saja dia tertekan karena menghadapi hukuman mati," kata Selvam Shanmugam, pengacara Doan Thi Huong.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Lalu Muhammad Iqbal, terdakwa Siti Asiyah dipindahkan dari rumah tahanan di Kantor Polisi Cyberjaya, Kuala Lumpur, ke penjara khusus wanita Kajang di Selangor.

Terkait proses kasus hukum yang masih berlangsung, pemerintah Indonesia meminta semua pihak untuk memegang prinsip praduga tidak bersalah."Karena itu, tim perlindungan WNI KBRI maupun tim pengacara akan terus memberikan pendampingan hukum," ujar Iqbal, di Jakarta.

Wakil Dubes RI di Kuala Lumpur, Andreano Erwin, mengatakan Siti Aisyah didampingi lima penasihat hukum.Andreano percaya pada pengadilan Malaysia yang memberikan perlakuan hukum yang sama pada setiap orang.

Andreano mengatakan saat sidang pihaknya sempat berkomunikasi sebentar dengan Siti Aisyah. "Kami sampaikan kepada Siti agar siap-siap kalau proses yang dia akan lalui cukup panjang sehingga perlu jaga kesehatan dan menjaga salat lima waktu agar lebih tenang. Sepanjang yang saya tahu dia sehat," katanya.

Menurutnya, Siti juga mohon doa dan minta orangtuanya menjaga kesehatan.

Srihandriatmo Malau/Tribunnews