Dampak Buruk pada Anak Jika Kurang Minum Air Putih 1,5 Liter Per Hari

By Dionysia Mayang, Sabtu, 3 Juni 2017 | 08:30 WIB
Rajin Minum Air Putih Bikin Anak Doyan Sayur (Dionysia Mayang)

Asupan air yang cukup sangat penting bagi tubuh anak agar terhindar dari dehidrasi. Sayangnya, berbeda dengan orang dewasa yang sudah paham akan pentingnya minum air putih cukup setiap harinya, anak-anak perlu diingatkan dan kerapkali susah untuk minum putih.

Kurang asupan air putih atau dehidrasi tentu akan berbahaya bagi anak. Bukan cuma dari segi kesehatan, tapi juga berdampak buruk pada kecerdasan anak, lo.

Selain itu, saat dewasa anak juga akan rentan terkena berbagai penyakit kronis yang menyerang jantung dan ginjal.

Baca: Banyak Konsumsi Minuman Selain Air Putih Belum Cukupi Kebutuhan Air Harian, Lo

Menurut Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K), agar anak mau membiasakan diri minum air putih secara cukup, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

“Bisa dengan memulai dari orangtua yang juga terbiasa minum air putih cukup,” jelasnya.

Baca: Menakjubkan, Ini 8 Khasiat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

Selain itu, telah diciptakan tokoh bernama Amir yang memiliki kepanjangan Ayo Minum Air yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Gerakan ‘Ayo Minum Air’ sendiri digalang untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya perilaku hidup sehat termasuk pemahaman akan asupan air putih yang cukup.

“Dengan mengenalkan suatu karakter yang menarik, anak bisa diajak dan belajar tentang pentingnya minum air putih,” jelas dokter yang biasa dipanggil dengan dr. Iko ini.

Baca: Ketahui Manfaat Air Mineral Alkalin Dibanding Air Biasa

Sekadar informasi, anak membutuhkan setidaknya 1.500 mililiter air setiap harinya, di luar konsumsi susu dan minuman selain air putih lainnya. Nah, kebutuhan ini akan bertambah bila anak melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat.

Jadi, demi kesehatan mereka, jangan lupa ya untuk selalu mengingatkan buah hati kita untuk banyak minum air putih setiap harinya.