Wajib Coba, 4 Kebiasaan Sehari-hari untuk Hindari Risiko Kanker Payudara

By Dionysia Mayang, Minggu, 5 Maret 2017 | 02:30 WIB
9 Faktor Penyebab Perubahan Bentuk dan Ukuran Payudara (Dionysia Mayang)

Bukan rahasia lagi bahwa risiko terkena kanker payudara dan gangguan hormon lain yang terkait dengan payudara merupakan masalah besar yang kita hadapi. Namun, banyak yang lebih fokus untuk memikirikan apa obatnya, bukan bagaimana cara pencegahannya.

Padahal, upaya mencegah terkena masalah kesehatan pada payudara harus kita sadari sejak dini, lo. Yuk kita cek bagaimana menjaga payudara kita agar tetap sehat dengan cara mudah dan natural berikut ini.

Diet Khusus

Tak aneh kok, melakukan diet untuk menjaga kesehatan payudara, sama seperti jenis diet lainya. Penelitian membuktikan, kita bisa melakukan pencegahan terhadap kanker payudara dan juga kanker lainnya dengan tidak terbiasa makan makanan berpengawet serta makanan dan minuman kaleng.

Jangan lupa perbanyak makanan yang banyak mengandung antioksidan, ya.

Baca: 7 Jenis Bentuk Payudara Perempuan dan Bra yang Sesuai

Suplemen dan Obat Herbal

Universitas California melakukan sebuah penelitian yang menemukan bahwa vitamin D membantu tubuh kita untuk menekan risiko terkena kanker payudara.

Selain vitamin D, asam omega 3 yang banyak terkandung pada ikan juga bisa menstabilkan hormon pada tubuh. Pssst, olahan kunyit juga bisa kita konsumsi lo, karena kandungannya yang bisa menangkal zat pemicu kanker.

Baca: 3 Kebiasaan Penting untuk Merawat Payudara Setelah Melahirkan

Deodoran

Keringat pada ketiak bisa ditahan oleh deodoran agar tidak keluar berlebihan, karena ada kandungan aluminium pada deodoran. Meskipun belum terbukti, namun penelitian yang menggunakan hewan sebagai percobaan menemukan bahwa deodoran memicu sel kanker pada hewan tersebut.

Jadi, lebih baik bijak saat menggunakan deodoran ya, untuk menghindari risiko terkena kanker payudara.

Baca: 4 Kebiasaan Harian yang Menjaga Payudara Tetap Indah

Pakaian

Meskipun masih kontroversial, peneliti menganjurkan untuk tidak menggunakan bra dengan kawat setiap saat. Bra dengan pengawat akan menekan pada titik tertentu yang bisa membuat tubuh lebih susah untuk mengeluarkan racun.

Nah, caranya cukup mudah bukan? Yuk kita cegah kanker payudara sejak dini!

Sumber : www.wellnessmama.com