10 Tanda Harus Pindah Kerja, Nomor 7 Paling Fatal

By nova.id, Kamis, 9 Maret 2017 | 07:15 WIB
Ini dia tanda Anda sangat stres. Sebelum meledak, mari rencanakan berlibur sekarang juga. (nova.id)

Selalu stres menghadapi pekerjaan, tidak cocok dengan lingkungan kerja, karier tak kunjung meningkat atau mengalami kekerasan dari rekan kerja? Mungkin itu pertanda Anda harus pindah kerja.

Pekerjaan seharusnya dijalani dengan sepenuh hati. Jika setengah-setengah, hasilnya tentu tak maksimal. Dan hal itu pasti berdampak pada prestasi Anda. Jika sudah begitu, apakah harus terus bertahan dan berharap keadaan akan membaik atau memutuskan untuk resign?

Berikut ini tanda-tanda bahwa sudah waktunya Anda move on dan mencari pekerjaan baru.

1. Tidak Mood Setiap Bangun Tidur

Setiap bangun tidur, membayangkan akan ke kantor, melakukan setumpuk pekerjaan, bertemu dengan bos dan rekan kerja, lalu mood Anda langsung berubah. Hati-hati, itu bisa jadi salah satu tanda Anda harus segera mencari pekerjaan baru. Perasaan tidak nyaman setiap kali harus ke kantor jika dibiarkan terus-menerus akan berdampak negatif pada psikis Anda.

Baca: Agar Tak Menyesal Setelah "Resign"

2. Terbawa Mimpi

Urusan pekerjaan sering terbawa sampai di alam mimpi dan mengganggu kualitas tidur Anda? Bisa jadi hal ini karena Anda merasa pekerjaan itu sudah “menghantui” dan membuat Anda tak nyaman.

3. Merasa Terpaksa

Idealnya pekerjaan dilakukan dengan sepenuh hati. Jika Anda sudah merasa terpaksa melakukan pekerjaan itu, lebih baik mundur. Seringan apapun pekerjaan, jika dilakukan tanpa hati alias terpaksa, tentu akan menyiksa diri sendiri. Sebaliknya, seberat apapun pekerjaan namun jika dilakukan dengan hati, tentu akan terasa menyenangkan.

4. Sering Mengeluh

Tanpa sadar Anda menjadi sering mengeluhkan semua pekerjaan di kantor. Memang mengeluh sah-sah saja, namun jika terlalu sering dan setiap hari, bisa jadi itu tanda dari alam bawah sadar bahwa Anda sudah tidak cocok berada di lingkungan dan pekerjaan tersebut.

Baca: 5 Aturan Main Setelah Wawancara Kerja

5. Gaji Tak Naik

Ketika beban pekerjaan bertambah, sudah seharusnya gaji Anda pun harus bertambah. Atau ketika Anda dipromosikan naik jabatan, besaran gaji pun harus disesuaikan. Jika tidak, ini merupakan tanda yang jelas bahwa sudah waktunya Anda pindah kerja.

6. Skill Tak Dianggap

Anda menjadi satu-satunya orang yang bisa melakukan pekerjaan A, namun tugas itu justru diberikan kepada rekan kerja yang lain. Ide-ide Anda untuk tugas itu juga tak pernah diterima. Hmm… sebaiknya segera resign dari kantor tersebut. Mereka bukan saja tak menghormati namun juga tak menganggap keahlian yang Anda miliki.

7. Mendapat Kekerasan

Anda mendapat kekerasan verbal atau mengalami pelecehan seksual dari rekan kerja? Ini merupakan tanda final bahwa lingkungan pekerjaan itu harus segera Anda tinggalkan.

Baca; Menghadapi Atasan "Sumbu Pendek"

8. Hubungan Buruk Dengan Atasan

Anda sudah mencoba melakukan apa yang menjadi tugas Anda. Namun si Bos tetap saja mencari-cari kekurangan dan kesalahan Anda. Meski merasa Anda di pihak yang benar, lebih baik segera mundur. Suara si Bos tentu lebih didengar oleh HRD bukan?

9. Masa Depan Perusahaan Suram

Jangan sampai Anda tenggelam bersama “kapal” perusahaan. Lebih baik segera menyelamatkan diri dan mencari “perahu” yang lebih baik.

10. Tidak Seimbang

Anda merasa waktu untuk keluarga, teman-teman, dan diri sendiri jauh berkurang gara-gara sibuk bekerja? Segera cari pekerjaan baru. Hidup itu harus seimbang.

Sri Isnaeni/berbagai sumber