Sekian tahun bekerja, Anda tiba-tiba saja merasa bosan. Benak dipenuhi pikiran untuk resign atau mencari pekerjaan lain. Haruskan dituruti?
Jangan-jangan, Anda hanya perlu sedikit liburan, penghiburan, atau mengubah mindset tentang bekerja.
Rasa bosan bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Kebosanan dalam bekerja pun bukan sesuatu yang asing di telinga kita.
Banyak riset menyebutkan bahwa salah satu penyebab orang berhenti atau berpindah kerja adalah karena merasa bosan. Padahal, seperti emosi lainnya, kebosanan memiliki fungsi.
Gaylin (1979) mengatakan bahwa kebosanan sesungguhnya memberi peringatan pada kita bahwa segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik, sehingga kita harus melakukan sesuatu untuk mengatasinya.
Baca: Apakah Pekerjaan Anda Sudah Sesuai Passion?
Jadi, sebelum mengambil keputusan yang keliru, ada baiknya kita mencari tahu dengan seksama, “masalah apa yang sesungguhnya sedang kita hadapi dalam bekerja?”
Dari situ, kemudian kita bisa memutuskan tindakan yang tepat sebagai solusinya. Jangan buru-buru memutuskan resign dan menyesal kemudian.
Baca: 7 Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan
Apa Tujuan Anda Bekerja?
Menurut psikolog I. Luki Arinta Psi., M.Si, menyiasati rasa bosan dalam bekerja serupa dengan menghadapi rasa bosan dalam hubungan percintaan.
Meski lumrah, sesungguhnya kebosanan bisa dicegah dan diatasi dengan mudah bila kita bisa merasakan kebahagiaan dalam bekerja.
Atlet New Balance Triyaningsih Berhasil Taklukan Kompetisi TCS New York City Marathon 2024
Penulis | : | nova.id |
Editor | : | Ade Ryani HMK |
KOMENTAR