Waspada, 4 Efek Buruk Sengatan Sinar Matahari untuk Kulit Wajah

By Dionysia Mayang, Kamis, 9 Maret 2017 | 06:30 WIB
Kondisi asli kulit wajah yang tak memakai pelembap dalam keseharian (Dionysia Mayang)

Beraktivitas di luar ruangan memang menyenangkan. Terlebih jika memang kegiatan sehari-hari kita banyak dihabiskan di tempat terbuka. Namun, terlalu lama terpapar sinar matahari juga tak baik untuk kesehatan kulit kita.

Menurut Dr. Srie Prihianti, SpKK., PhD., dokter spesialis kulit dan kelamin yang juga praktik di Erha Dermatology ini mengatakan, kita harus waspada pada sinar matahari terik mulai pukul 09.00 pagi hingga 15.00 sore.

Sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari matahari yang sedang terik tersebut mampu memberi 4 efek buruk untuk kulit wajah, seperti:

1. Kulit Terbakar

Paparan sinar UV-B bisa membuat kulit kita terbakar, lo. Gunakan sunblock dan kenakan pakaian yang bisa menghalau paparan sinar matahari bila sedang beraktivitas di luar ruangan.

Baca: Lihatlah Dampak pada Wajah Karena 10 Menit Terpapar Polusi dan Matahari

2. Kulit Menggelap

Sinar matahari mempercepat produksi pigmen melanin sebagai mekanisme pertahanan tubuh terhadap paparan sinar matahari. Nah, pigmen inilah yang membuat warna kulit lebih gelap.

3. Penuaan Dini dan Bintik Hitam

Paparan sinar UV-A bisa menembus bagian dermis kulit dan merusak sel-sel yang ada pada dermis, sehingga elastisitas kulit menjadi berkurang. Selain itu, bisa muncul bintik-bintik hitam di wajah, lo.

4. Kanker Kulit

Paparan sinar ultraviolet dapat menimbulkan kerusakan fotokimia pada DNA di sel-sel tubuh, sehingga akan memicu terbentuknya sel kanker.

Baca: Kandungan Buah Manggis Paling Bagus untuk Cerahkan Wajah yang Kusam

Namun, bukan berarti kita harus menghindari sinar matahari, ya. Menurut dokter yang biasa disapa Dr. Yanti ini, sinar matahari pagi tentu saja memiliki manfaat yang baik bagi kulit kita, yaitu dapat memberikan:

Vitamin D

Sinar matahari akan merangsang tubuh memproduksi vitamin D. Vitamin D berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium di dalam tubuh sehingga dapat menguatkan tulang.

Membuat Mood Ceria

Sinar ultraviolet akan menstimulasi sel keratinosit yang ada di kulit untuk membuat hormon beta-endorphins dan serotonin. Hormon tersebut membuat suasana hati kita menjadi lebih baik.

Baca: 3 Cara Pemakaian Sunscreen yang Benar untuk Menangkal Risiko Kanker Kulit

Nah, agar mendapat manfaat sekaligus menghindari 4 dampak buruk dari sinar matahari, maka jangan lupa gunakan pelindung seperti sunscreen, ya!