Agar Kulit Tak Terbakar Saat ke Pantai, Ini Kandungan SPF yang Wajib Dipakai Setiap 2 Jam

By Dionysia Mayang, Minggu, 12 Maret 2017 | 02:30 WIB
Pastikan daftar kosmetik wajib saat liburan ini tak ada yang terlewat! (Dionysia Mayang)

Bagi kita yang sering beraktivitas di bawah sinar matahari, tentu kita dekat dengan produk-produk yang kita pakai untuk menangkal efek buruk dari sinar matahari.

Salah satunya adalah dengan menggunakan lotion dengan tingkat SPF (sun protection factor) tertentu.

Baca; Waspada, Ini 4 Efek Buruk Sengatan Sinar Matahari untuk Kulit Wajah

Tapi, sebenarnya, yang kita perlukan adalah lotion dengan SPF berapa, sih?

Misalnya kegiatan kita dihabiskan di luar ruang atau alam bebas seperti di pantai, “Gunakan sun protection untuk menahan sinar UV-B untuk menghindari risiko sunburn,” jelas Dr. Srie Prihianti, SpKK., PhD. spesialis kulit dan kelamin dari Erha Dermatology.

SPF memiliki tingkat yang berbeda dan pengaruh yang berbeda pula. Dr. Srie menjelaskan, memperkirakan jangka waktu perlindungan bagi kulit kita dari tingkat atau angka SPF.

Baca: Selain Belang, Ini Kerusakan Kulit Wajah Akibat Tak Pakai Sunblock Saat Berkendara

“SPF yang lebih tinggi akan melindungi kulit kita dari sinar UV lebih lama,” jelas dokter yang juga menjabat sebagai Sekretaris  Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin ini.

Baca: Berapa Banyak Tabir Surya yang Harus Dioles Agar Kulit Tak Terbakar? Ini Kata Pakar

Untuk kulit kita, Dr. Srie merekomendasikan untuk menggunakan suncare dengan minimal SPF-30. Namun, kita juga harus mengetahui bahwa produk perlindungan kulit dari sinar matahari ini tidak bisa melindungi kulit sepanjang hari, sehingga kita harus mengaplikasikannya kembali setidaknya setiap 2 jam.

Selain itu, bila aktivitas kita menuntut kita untuk berbasah-basahan, tentu saja kita perlu lebih sering mengaplikasikan lagi produk suncare tersebut.

“Jangan lupa, gunakan suncare setidaknya 20 menit sebelum melakukan aktivitas, agar dapat bekerja maksimal menangkal sinar UV,” jelasnya.