Jika Diabaikan, 9 Penyebab Kepala Terasa Pusing Ini Bisa Membuat Pingsan

By Dionysia Mayang, Jumat, 10 Maret 2017 | 09:15 WIB
Jika Diabaikan, 9 Penyebab Kepala Terasa Pusing Ini Bisa Membuat Pingsan (Dionysia Mayang)

Saat tubuh terasa lemas dan kita pernah mengalami pingsan, tentu hal ini membuat kita sangat khawatir terkait penyebabnya. Mengapa bisa pingsan? Padahal nyatanya, 90 persen orang yang mengalami pingsan sebenarnya tidak apa-apa.

Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Venkatesh Thiruganasambandamoorthy, M.B.B.S., ahli kesehatan masyarakat dari Ottawa Hospital Research Institute.

Pingsan merupakan saat di mana suplai darah ke otak menipis, seperti yang dijelaskan oleh Lawrence Phillips, asisten profesor dari New York University’s Langone Medical Center. Penyebabnya bisa karena berbagai hal, seperti tekanan darah menurun, detak jantung menurun, dan juga gangguan saraf.

Tapi, 10 persen dari orang yang mengalami pingsan karena dipicu oleh gangguan kesehatan, mulai dari mengeluh pusing hingga detak jantung yang tak normal. Jangan didiamkan, sebab bisa jadi gejala ini berindikasi penyakit serius.

Selain sebagai gejala dari penyakit serius, pingsan juga bisa terjadi karena keluhan sakit kepala atau pusing. Nah, berikut ini 9 penyebab kepala terasa pusing yang bisa memicu terjadinya pingsan. Yuk, hindari sejak sekarang!

1. Dehidrasi

Beberapa orang mengeluh mengalami pusing dan bahkan pingsan ketika sedang beraktivitas di bawah terik matahari, banyak berkeringat, namun tak banyak minum. Bila merasa pusing karena dehidrasi dan terik matahari, rebahkan tubuh sejenak untuk memudahkan aliran darah ke jantung dan otak.

Baca: Agar Tak Salah Persepsi, Ini Cara Mengenali Gejala Dehidrasi

2. Kaget

Kaget bisa membuat sistem saraf kita terpicu dan bisa membuat tekanan darah kita menurun secara tiba-tiba.

3. Berdiri Mendadak

Merasa pusing atau melihat ada bagian hitam di penglihatan kita saat tiba-tiba berdiri adalah orthostatic hypotension. Hipotensi ortostatik terjadi karena adanya penurunan tekanan darah yang tiba-tiba saat perubahan posisi tubuh.

Baca: Pusing atau Nyeri Kepala? Kenali Gejala dan Bahayanya Mulai Sekarang

4. Detak Jantung Tak Normal

Detak jantung yang terlalu cepat atau juga terlalu lambat bisa mempengaruhi asupan darah pada otak sehingga bisa menyebabkan pusing.

5. Masalah pada Katup Jantung

Katup jantung yang bermasalah akan mengganggu kelancaran aliran darah dalam tubuh. Biasanya, pusing akan semakin parah ketika sedang berolahraga.

6. Obat-obatan

Obat-obatan tertentu seperti obat penghilang rasa sakit bisa memicu munculnya pusing. Selain itu, pusing karena obat-obatan juga bisa muncul sebagai reaksi alergi tubuh terhadap obat-obatan tersebut.

Baca; Jika Diminum Rutin, Air Hidrogen Diklaim Mampu Obati Beragam Penyakit

7. Stroke

Bila merasakan pusing dibarengi dengan otot yang melemah, susah bicara, dan mati rasa pada anggota tubuh tertentu, bisa saja stroke sedang menyerang kita.

8. Melewatkan Makan Siang

Melewatkan makan siang bisa membuat gula darah kita menurun dan bisa memicu pusing. Namun, bila memiliki diabetes dan sedang mengonsumsi obat-obatan untuk menekan gula darah, pusing bisa menjadi pertanda bahwa gula darah sedang tinggi.

9. Flu

Gejala flu bisa membuat kepala terasa pusing.

Baca: Kejang Tanpa Demam

Sumber : www.womenshealthmag.com