Mau Tahu 4 Ritual Spa Kecantikan Khas Indonesia? Ini Jawabnya

By nova.id, Sabtu, 11 Maret 2017 | 09:00 WIB
Bersihkan ‘Daki’ Saat Luluran dengan Campuran 7 Bahan Alami Ini (nova.id)

Ada 4 ritual spa kecantikan khas Indonesia yang menyimpan nilai historis. Ingin mengetahui apa saja? Ini jawabnya.

1.Eksfoliasi

Perawatan untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati ini dikenal sebagai lulur, boreh, atau mangir. Mangir berasal dari temu giring dan kunyit yang ditumbuk, lalu digosokkan di kulit.

Lulur umumnya terbuat dari bubuk kopi, avokad, bengkuang, wortel dan teh hijau. Sedangkan boreh terbuat dari padi, gandum, dan tumbuhan lainnya.

2.Mandi

Tidak hanya menyegarkan tubuh, momen ini juga menjadikan kulit bersih, lebih cerah dan bercahaya.

Salah satu warisan leluhur kita adalah mandi rempah dengan menggunakan ramuan, seperti cengkeh, kayu manis, kapulaga, biji pala, serai, jeruk pururt dan daun teh.

3.Pelembapan

Bermanfaat untuk memberikan nutrisi bagi kulit agar tetap halus dan lembut. Sebelum lotion modern hadir, Bali menjadi pelopor pengguna kelapa sebagai pelembap kulit tubuh.

Karena minyak kelapa memiliki tekstur yang kental, maka bisa dijadikan sebagai pelembap sekaligus membuat kulit memancarkan warna alaminya,

4. Pemijatan

Sesi ini bermanfaat melancarkan peredaran darah sekaligus membuat tubuh kembali rileks. Relief batu candi Borobudur yang sudah ada sejak abad je -8 dan 0 memperlihatkan ukiran yang menggambarkan pijat tradisional.