Sering Pegal Sebelah di Bahu? Mungkin Cara Kita Membawa Tas Penyebabnya

By nova.id, Senin, 13 Maret 2017 | 10:30 WIB
10 Barang Wajib Bawa di Tas Saat Musim Hujan (nova.id)

Rata-rata perempuan yang bekerja pasti sering mengalami gangguan sakit pada sebagian bahunya. Banyak yang beranggapan, hal ini terjadi karena mereka terlalu lama duduk dan menghadap layar komputer. Benarkah? Sebab kebiasaan membawa tas dengan beban berat juga menjadi pemicu gangguan ini dalam jangka waktu lama.

Baca: Mudah, 2 Cara Tes Fleksibilitas Tubuh dan Kesehatan Tulang yang Bisa Dicoba

"Rata-rata yang mengeluh tentang gangguan nyeri pada bahu sebelah ini adalah perempuan. Penyebabnya, ya, karena kebiasaan perempuan yang suka membawa tas yang dibawa di sebelah kiri atau kanan pundak. Selain itu, barang bawaan yang mereka bawa pun banyak, sehingga membuat bahu sebelah lebih sering pegal,” jelas dr. Andi Kurniawan Sp.KO, Sekretaris  Jenderal, Perhimpunan Osteoporosis Indonesia, saat ditemui nova.id di Sudirman, Jakarta Pusat.

Baca: Kebanyakan Perempuan Membawa Beban 3-4 Kg dari Tas

Untuk meredakan rasa sakit tersebut, menurut dr. Andi, sah-sah saja apabila menggunakan koyo atau dengan memijat. Namun, hal yang paling tepat dilakukan untuk meredakan rasa sakit tersebut yakni dengan bergerak dan melatih kekuatan otot kita.

“Kalau sudah sakit bisa saja pakai koyo atau dengan dipijat. Namun, kalau sakitnya tidak hilang ada baiknya pergi ke dokter, dicek. Bisa juga dengan cara melatih dan menggerakkan bagian otot atau tulang yang sakit. Dicoba dengan melakukan aktifitas fisik yang ringan-ringan terlebih dahulu,” jelasnya.

Baca: Sembuhkan Nyeri & Pegal di Tubuh dengan 4 Pijatan Spa

Dr. Andi juga menyebutkan bahwa solusi tepat untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan mengubah pola hidup ke arah yang lebih sehat, dengan mengonsumsi makanan bergizi dan melakukan aktifitas fisik.

Laili Ira Maslakhah/NOVA.id