Seperti Ini Cara Pilih Jenis Pakaian yang Mampu Menangkal Radiasi Matahari

By Dionysia Mayang, Sabtu, 18 Maret 2017 | 09:30 WIB
Kenapa Sih Takut Kena Sinar Matahari (Dionysia Mayang)

Ada berbagai cara untuk mencegah sunburn setelah kita beraktivitas di bawah terik sinar matahari, yaitu dengan menggunakan produk-produk tabir surya sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit kita, dan juga dengan mengenakan pakaian yang bisa menutupi bagian tubuh kita dari paparan sinar matahari.

Namun, kita tidak tahu, apakah benar pakaian yang kita kenakan sudah cukup menangkal dampak buruk sinar matahari atau belum.

Baca: Diet Alami dengan Sinar Matahari

Menurut Dr. dr. Srie Prihianti, SpKK., PhD., dokter spesialis kulit dan kelamin, pakaian bisa membantu kita mencegah dampak buruk dari paparan sinar matahari pada tubuh kita.

“Pakaian bisa kita gunakan untuk menghalau dampak negatif sinar matahari, tergantung pada jenis kain, warna, dan kerapatan serat benang,” jelas dokter yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) ini.

Sebenarnya, produk sunscreen sendiri harus kita gunakan pada area yang tidak tertutup oleh pakaian. Namun, terkadang kita memang menggunakan pakaian mini atau pakaian renang seperti misalnya saat sedang di pantai.

Baca: Ayo, Pilih Tabir Surya Sesuai Jenis Kulit

Maka, kita harus menggunakan lebih banyak sunscreen agar bisa menjangkau bagian tubuh yang tidak terlindungi oleh kain.

Kain yang memiliki kemampuan untuk menjaga kulit kita dari serangan matahari, misalnya adalah kain berbahan jeans yang memiliki daya proteksi lebih tinggi daripada kain linen.

Namun jangan khawatir, saat ini sudah banyak dijual pakaian khusus dengan UV protection yang bisa kita gunakan untuk melindungi kulit kita dari serangan sinar matahari.