10 Cara Menata Meja yang Bikin Kerja Makin Semangat

By nova.id, Selasa, 21 Maret 2017 | 06:30 WIB
10 Cara Menata Meja yang Bikin Kerja Makin Semangat (nova.id)

Punya meja kerja yang nyaman dan fungsional tentu hal yang sangat penting.

Bayangkan saja, Anda akan selalu menghabiskan banyak waktu di sana.

Jadi, agar semangat bekerja terus menyala, tak ada salahnya menata kembali meja kerja Anda.

Yuk, ikuti beberapa tips sederhana berikut ini.

1. Tata Letak Efisien

Meja kerja sebaiknya ditata seefektif dan seefisien mungkin untuk melancarkan pekerjaan Anda.

Karena itu, sebaiknya penataan meja harus simpel dan semua benda serta perlengkapan bisa diakses dengan satu uluran tangan.

Baca: Trik Menata Kamar Anak Agar Lebih Nyaman Belajar

2. Jarak Layar Monitor

Layar monitor harus sejajar dengan mata dan jaraknya kurang lebih 40 cm dari tubuh Anda.

Letakkan benda-benda yang sering digunakan, misalnya telepon dan perlengkapan alat tulis di sisi kanan.

3. Kelompokkan Menurut Frekuensi

Alat yang digunakan setiap hari seperti paper clip, pulpen, label, post it, selotip atau stapler bisa diletakkan di atas meja.

Namun benda yang hanya digunakan sesekali, sebaiknya disimpan di laci meja.

Baca: Fengshui di Kamar Tidur Tentukan Kualitas Hubungan di Ranjang

4. No Sticky Note

Menempel kertas kecil di bingkai layar monitor Anda, sudah tidak efektif lagi.

Lebih baik, sticky note digunakan hanya untuk perkerjaan penting yang memang harus dilakukan saat itu juga.

Selebihnya, susun rencana kerja di sebuah buku agenda.

5. Tambahkan Tanaman Hijau

Percaya atau tidak, tanaman membuat orang lebih bahagia dan merasa tenang.

Adanya tanaman hijau di meja kerja seperti membawa suasana luar ruangan ke atas meja Anda.

Pilih tanaman yang tidak perlu disiram setiap hari.

Baca: 10 Tanaman Hias Paling Mudah Dipelihara

6. “Mantra” Positif

Gantungkan atau tempel hiasan yang berisi “mantra” atau kalimat-kalimat positif di sekitar meja kerja.

Mengelilingi diri Anda dengan energi positif membuat Anda lebih produktif dan percaya diri.

7. Barang Personal

Meletakkan foto keluarga di meja kerja memang ide yang bagus dan sangat lumrah dilakukan.

Namun, agar tak bosan, foto-foto tadi sebaiknya diganti secara berkala.

Tak hanya foto keluarga, Anda juga bisa memajang foto kenang-kenangan saat kuliah, foto ketika menang lomba atau tokoh kartun favorit yang bisa membuat Anda tertawa.

Baca: Alasan Banyak Karyawan Bagus Keluar dari Pekerjaannya, Nomor 3 Bikin Kaget!

8. Space Kosong

Siapkan space kosong selebar kertas di meja sisi kanan.

Space kosong ini berguna untuk Anda ketika ingin menandatangani berkas atau mengatur lagi berkas-berkas yang telah selesai dikerjakan.

9. Atur Secara Berkala

Meja kerja yang sudah ditata rapi, perlu juga dipelihara.

Sebaiknya setiap minggu, atur lagi meja kerja Anda.

Pastikan semua barang diletakkan di tempat semula dan hanya peralatan yang penting yang ada di atas meja.

Baca: Benarkah Bos Wanita Lebih Menyebalkan?

10. Tempat Sampah

Hal kecil tapi jangan sampai terlupakan. Tempat sampah yang ada di sekitar meja membuat Anda terhindar dari kebiasaan menumpuk sampah di atas meja.

Sri Isnaeni/berbagai sumber