Jangan Sampai Salah, Ini Cara Mengobati Jerawat Sesuai Jenis Kulit

By Dionysia Mayang, Selasa, 21 Maret 2017 | 11:45 WIB
Tak Hanya Remaja, Jerawat Modern Bisa Dialami Siapa Saja! (Dionysia Mayang)

Pasti semua setuju, bahwa jerawat yang biasanya muncul di wajah kita sangat mengganggu dan bisa membuat kita kurang percaya diri. Berbagai cara akan kita lakukan untuk mengobati jerawat dan mencegahnya agar tak timbul lagi.

Namun, seringkali kita mengobati jerawat dengan cara yang salah dan tidak memperhatikan jenis kulit kita. Padahal, pengobatan jerawat akan berbeda, tergantung pada jenis kulitnya. Jenis kulit wajah kita sendiri adalah normal, kering, berminyak, dan kombinasi antara keduanya.

Menurut dr. Edwin Tanihaha, Sp.KK., MH.Kes., yang terpenting dalam merawat kebersihan dan kesehatan wajah terutama agar tak timbul jerawat adalah dengan mengetahui apa jenis kulit wajah kita.

Baca: Agar Jerawat Cepat Kempis dan Mengering

“Untuk mengobati jerawat, harus tahu jenis kulitnya terlebih dahulu agar penanganannya bisa secara tepat,” jelasnya.

Untuk pemilik kulit kering, jangan sampai salah menggunakan pembersih wajah. Lebih baik gunakan pembersih wajah tanpa busa atau cream cleanser yang tidak membuat kulit wajah semakin kering.

Baca: Duh, Susahnya Mengatasi Jerawat Batu!

Lalu untuk kulit berminyak, bisa gunakan sabun muka dengan busa. Selain itu, jangan gunakan kosmetik berbahan padat atau compact, karena justru akan menyumbat pori-pori pada kulit wajah kita.

Menurut dr. Edwin, pembersih wajah berbahan scrub untuk menjaga kebersihan wajah dan pori-pori kulit juga bisa kita gunakan, asal tidak setiap hari. Kandungan scrub di dalamnya justru akan membuat kulit wajah semakin kering dan menipis.