Hati-Hati, Ini yang Terjadi Kalau Sering Memakai Sepatu Hak Tinggi

By , Jumat, 24 Maret 2017 | 07:00 WIB
10 Sepatu Berhak Tinggi Paling ‘Gila’ Milik Victoria Beckham (Nova)

Kita sering merasa penampilannya tidak sempurna jika tidak didukung dengan sepatu berhak tinggi. Tapi hati-hati, ini yang terjadi kalau sering memakai sepatu hak tinggi,

Penggunaan sepatu hak yang tinggi membuat posisi berdiri tidak sempurna. Jika hal tersebut berlangsung dalam waktu yang lama dan berulang, akan berpotensi membuat kaki cedera.

Menurut dr. Manfaluthy Hakim, SpS (K)., sepatu hak tinggi membuat posisi tubuh kita berubah. Kaki yang seharusnya rata berada di satu titi‎k tumpu, yaitu di jari.

"Jika berulang bisa mencederai jaringan kaki dan saraf," jelasnya saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Baca: Ini yang Terjadi pada Kaki Jika Berhenti Pakai Sepatu Hak Tinggi

Salah tanda kaki mulai bermasalah akibat penggunaan sepatu hak tinggi adalah kesemutan dan nyeri di jari kaki. "Tinjau ulang penggunaan sepatu yang tidak sesuai," lanjutnya.

Adakah Sepatu Hak Tinggi yang Aman?

Bagaimana kalau kita tetap inging mengenakannya. Adakah sepatu hak tinggi yang aman?

Prof. Dr. dr. Moh. Hasan Machfoed, Sp.S. (K), M.S., menjelaskan, pengunaan sepatu hak tinggi sah-sah saja untuk mendukung penampilan. Asalkan hak sepatu tidak terlalu menukik dari tumit ke jari kaki.

"Mau pakai sepatu hak 15 cm enggak masalah, asal bagian depannya juga sama tebal, jadi tidak terlalu menukik ke jari kaki," tutupnya.