Ini 9 Cara Cepat Pulihkan Luka Melahirkan Normal

By , Minggu, 4 Juni 2017 | 03:00 WIB
Agar proses penyembuhan usai operasi Caesar berjalan cepat. (Nova)

Saat melahirkan normal, sebagian perempuan harus menjalani episiotomi, yaitu sayatan dari vagina ke anus untuk membantu proses keluarnya bayi.  

Proses ini dapat menyebabkan trauma pada wanita. Namun tak perlu khawatir, berikut ini 9 cara cepat memulihkan luka melahirkan normal.

1. Vagina Bersih dan Kering

Upayakan daerah vagina selalu bersih dan kering. Gunakan handuk lembut untuk menyeka area vagina dari depan ke belakang secara perlahan setelah buang air.

Hindari dulu aktivitas seksual selama sekitar 6 minggu.

2. Hindari Pakaian Dalam Ketat

‎Vagina membutuhkan sirkulasi udara yang baik agar bekas luka sayatan lekas mengering. Kerena itu, ibu disarankan memakai pakaian dalam yang tidak ketat.

3. Obat Dokter

Konsumsi obat pengurang nyeri yang diberikan dokter pascapersalinan. Tak perlu khawatir, obat dari dokter itu biasanya aman untuk ibu menyusui.

4, Hati-hati Bergerak

Jaga gerakan selama pemulihan luka melahirkan normal. Hentakan dapat menimbulkan rasa sakit di area vagina dan luka jahitan.

Ibu juga tidak disarankan duduk terlalu lama. Saat duduk alasi dengan bantal untuk meminimalisir rasa nyeri.

Baca juga: (9 Keluhan yang Paling Sering Dialami Setelah Melahirkan)

5. Gunakan Pembalut

Wajar jika luka episiotomi menyisakan perdarahan sedikit. Ibu bisa menggunakan pembalut, tetapi ganti sesering mungkin agar vagina tidak lembap.

6. Potong Kuku

Saat mengoleskan krim analgesic, pastikan tangan bersih dan kuku tidak panjang agar tidak menyebabkan luka di area episiotomi.

7. Kompres Es

Dinginnya es dapat meringankan rasa nyeri pada luka. Caranya, bungkus es dengan handuk lembut yang bersih. Jangan lupa, keringkan setelahnya.

8. Trik Buang Air Kecil

Air seni yang mengaliri luka pasti terasa sangat perih. Siasati dengan mengalirkan air hangat ke bibir vagina saat buang air kecil.

9. Hindari Sembelit

Tekanan saat buang air besar bisa membuat luka terasa sakit. Untuk itu hindari sembelit yang membuat tekanan lebih besar.

Rajinlah mengonsumsi sayuran berserat untuk menghindari sembelit.