Hiiiy…Ada Jutaan Kuman dan Virus di Dalam Sperma, Apa Efeknya Jika Tertelan?

By , Sabtu, 13 Mei 2017 | 09:00 WIB
Kepuasan Seks Ternyata Dipengaruhi Jenis Kasur Saat Bercinta (Nova)

Variasi adalah kunci agar hubungan intim terasa selalu bergelora. Salah satunya dengan oral seks. Namun hati-hati, jangan sampai sperma tertelan sebab ada jutaan kuman dan virus di dalamnya.

Dalam hubungan intim, menurut, dr. Nugraha Setiawan, MS, SpAnd., oral seks sah-sah saja dilakukan asal bersih dan dilakukan dengan suami atau istri sendiri.

Nah, salah satu hal yang paling banyak ditanyakan saat melakukan oral, apakah menelan sperma suami dapat menyebabkan kehamilan? Jawabannya, tidak.

"Tidak. Kan, beda saluran. Kalau oral pasti masuknya ke lambung. Kalau proses pembuahan adanya di rahim," jelasnya saat jumpai oleh NOVA.id di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

(Baca : Coba Cek, Ternyata Warna Sperma Menandakan Kesuburan Pasangan)

Meski tidak berbahaya, Nugraha mengingatkan para istri agar sebisa mungkin menghindari tertelannya sperma, apalagi jika sedang sariawan.

Alasannya, di dalam sperma banyak sekali mengandung viral atau virus yang bisa jadi membahayakan kesehatan sang istri.

"Menelan sperma memang tidak disarankan. Sperma ada kumannya, ada virus. Jadi sperma itu tidak semua steril sifatnya,” terangnya.

Jutaan kuman dan virus yang terdapat dalam sperma pria berbeda-beda jumlahnya dan jenisnya. Hal tersebut juga tergantung kondisi tubuh seseorang.

(Baca : Tak Segera Hamil, Jangan-Jangan Alergi Sperma Suami)

Apa bukti di sperma ada jutaan kuman dan virus?

"Saat berhubungan intim, sperma pasti ada yang keluar dari vagina. Tidak semua masuk, kan? Itu karena di dalam vagina ada sistem seleksi. Yang tereliminasi itu sperma yang mengandung virus. Yang masuk sperma yang steril. Sistem tersebut hanya ada di vagina, di mulut tidak ada. Maka sebaiknya hindari sperma tertelan," tutupnya.