Dibanding ke Korea, Melakukan Operasi Plastik di Indonesia Lebih Menguntungkan. Kenapa?

By Dionysia Mayang, Senin, 10 April 2017 | 05:30 WIB
Cermat Memilih Dokter yang Berkompeten Untuk Operasi Plastik (Dionysia Mayang)

Saat ini, yang sering menjadi acuan dan tujuan untuk melakukan operasi bedah plastik bagi banyak perempuan Indonesia adalah ke Korea.

Padahal, di Indonesia sendiri banyak terdapat klinik dan bahkan rumah sakit khusus bedah yang bisa menangani operasi plastik kecantikan.

Bahkan, di Indonesia juga sudah terdapat banyak spesialis bedah plastik yang bagus.

(Baca: Biaya Operasi Plastik di Berbagai Negara)

Keahlian dan keterampilan dokter spesialis bedah plastik di Indonesia sendiri juga tak kalah dibandingkan dengan dokter di Korea, seperti yang dijelaskan oleh dr. Laksmi Achyati, SpBP.

“Meskipun di Indonesia tak sampai 200 dokter bedah plastik, namun teknik operasi dengan di Korea sama saja selama memang keahliannya di bedah plastik,” jelasnya pada NOVA.id.

(Baca: Cermat Memilih Dokter yang Berkompeten Untuk Operasi Plastik)

Spesialis bedah plastik ini menjelaskan, bahwa untuk melakukan prosedur bedah plastik di Korea, para perempuan Indonesia harus memikirkan berbagai risiko yang bisa dialami.

“Pertama, adalah masalah komunikasi yang tidak lancar dan terkendala bahasa, sehingga risikonya adalah tidak well informed,” jelas dr. Laksmi.

Kendala bahasa bisa berbahaya pada komunikasi antar dokter dan pasien, sehingga bisa saja terjadi ketidaksesuaian kemauan pasien.

(Baca: Cara Ekstrem Artis Hollywood Mempercantik Wajah Sebelum Ada Operasi Plastik)

Belum lagi bila setelah diambil tindakan operasi bedah plastik terjadi efek samping.

Selain itu, bedah plastik yang dilakukan di Indonesia tentunya akan mengurangi biaya transportasi dan akomodasi.

“Bedah plastik membutuhkan treatment setelah tindakan, jadi tak bisa langsung selesai. Kalau ada apa-apa dekat dan biaya tidak terlalu tinggi untuk bolak-balik ke Korea,” tutup dr. Laksmi.