Perhatikan, 4 Pantangan Penderita Gagal Ginjal yang Wajib Diketahui

By , Selasa, 16 Mei 2017 | 07:00 WIB
6 Tanda Utama Ginjal Anda Bermasalah (Nova)

Penderita gagal ginjal harus memiliki pemahaman jika tubuhnya sudah tak lagi normal seperti. Agar kondisinya tetap stabil, ia pun harus memperhatikan asupan makanan yang masuk k edalam tubuhnya.

"Orang dengan penyakit gagal ginjal banyak memiliki pantangan makanan, namun jumlah asupan kalori penderita ginjal masih sama dengan orang dengan ginjal yang normal," papar dr. Afiatin, SpPD-KGH., sambil menyebutkan penderita gagal ginjal yang sudah sampai pada tahap cuci darah harus memperhatikan 4 pantangan di bawah ini.

1 Kurang Protein Seseorang yang sudah menjalankan terapi hemodialisa atau cuci darah tidak boleh kurang mengasup protein. Sebaliknya, mereka harus banyak mengonsumsi protein. Jumlah protein bahkan harus lebih tinggi dari orang yang normal. Hal ini disebabkan ketika proses cuci darah banyak sekali protein yang terbuang.

(Baca: Sering Pipis, 1 dari 12 Gejala Awal Ginjal Kronis yang Harus Diwaspadai)

2. Jumlah Cairan Berlebih Seseorang yang memiliki fungsi ginjal normal selalu dianjurkan untuk mengonsumsi air secukupnya. Berbeda dengan seseorang dengan penyakit gagal ginjal, ia harus mengontrol jumlah asupan air. Air yang terlalu banyak dalam tubuh penderita akan membuatnya merasa sesak.

(Baca: Menahan Pipis Sebabkan Batu Ginjal, Mitos atau Fakta?)

3. Kandungan Kalium Tinggi Bukannya tidak boleh sama sekali mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalium, namun harus dibatasi. Sebab diketahui kalium sering kali membuat kinerja ginjal semakin berat. Beberapa makanan berkalium tinggi adalah susu, pisang, kacang merah, dan avokat.

4.Banyak Garam Garam membuat kita merasa terus haus, sehingga membuat kita terus ingin mengonsumsi air. Sementara itu, pada pasien yang menderita gagal ginjal hal tersebut membuat  buang air besar tidak lancar dan mempengaruhi tekanan darah. Sebab itu, pada pasien gagal ginjal tidak disarankan banyak membumbui makanannya dengan garam dan kecap.